Logo Pemkot Makassar

Pemkot Diminta Evaluasi SKPD Sesuai Pertimbangan Kompetensi

Kamis, 03 Desember 2015 | 11:15 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – DPRD) Kota Makassar mendukung penuh upaya pemerintah Kota Makassar untuk menyusun kembali kabinet kerjanya. Sumber Daya Manusia (SDM) pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah(SKPD) dipilih melalui lelang jabatan banyak tidak sesuai kompetensi.

“Menjadi hak progratif Walikota Makassar, Dhany Pomanto melakukan mutasi untuk menyusun kabiner kerja yang bisa mendongkrak kinerja pemerintahan kedepan, apalagi memang dari evaluasi dewan terhadap kinerja SKPD , beberapa pejabat yang ditempatkan tidak sesuai dengan kompetensi atau keahliannya,”terang anggota komisi A Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Makassar Mustagfir Sabri, kamis (3/12/2015).

Menurutnya, evaluasi yang saat ini tengah berlangsung di pemkot harus betul-betul mempertimbangkan kompetensi dan keahlian pejabat pemerintahan, sebab menurutnya penguasaan pejabat terhadap SKPD yang dinaungi berpengaruh pada realisasi program, realisasi anggaran, dan serapan pendapatan daerah.

Halaman 2

Sementara berdasarkan hasil Monitoring dan Evaluasi(Monev) ke tiga empat komisi yang menjadi mitra 52 SKPD di Pemkot, realisasi program masih dibawah 65 persen, begitu juga serapan pendapatan daerah yang belum cukup maksimal.

“Ada beberapa aspek kegagalan SKPD ditahun ini, seperti sisi serapan anggaran, ini karena SDM yang tidak pas dan cocok ditenpatkan di SKPD tersebut,”kata Moses sapaan Mustagfir di kantor DPRD Kota Makassar.


BACA JUGA