Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Tingkat Kesejahteraan Sulsel Peringat 13

Kamis, 03 Desember 2015 | 14:47 Wita - Editor: Chaerul Fadli - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Indeks Kesejahteraan Rakyat (IKraR) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tahun 2014 tercatat 55,7. Angka ini berada di bawah rata-rata nilai IKraR nasional 56. Pengukuran IKraR menggunakan 27 indikator yang dilakukan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Indeks ini merupakan alat ukur untuk keberhasilan pembangunan yang inklusif dan ketersediaan akses terhadap pemenuhan hak-hak dasar rakyat. “Nilai IKraR Sulsel adalah 55,7, sedikit di bawah nilai IKraR Nasional yang angkanya mencapai 56,” kata Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama Kemenko PMK, Wijaya Kusuma Wardhana, Kamis (3/12/2015).

Dengan angka ini, Sulsel berada pada kategori sejahtera bawah dan urutan 13 dari 34 provinsi di indonesia. Ada tiga dimensi yang menjadi tolak ukur yaitu tingkat kesejahteraan dimensi keadilan sosial, dimensi keadilan ekonomi, dan dimensi keadilan demokrasi.

Untuk dimensi keadilan sosial dan demokrasi, Sulsel berada pada kategori sejahtera atas. Namun untuk dimensi keadilan ekonomi yang indikatornya diantaranya adalah perbandingan tingkat pendapatan terhadap garis kemiskinan dan akses permodalan untuk berusaha. Sulsel berada pada kategori kurang sejahtera atas atau warna merah.

Kendati berada di bawah angka nasional, menurut Wijaya tingkat capaian kemajuan perkembangan kesejahteraan rakyat Sulsel berada pada kategori cepat. “Pada periode 2009-2014, IKraR Sulsel meningkat dari 49,25 ke 55,7,” jelasnya.(*)

Tags:

BACA JUGA