foto: wikimapia.org

37 Bis di Terminal Daya Tidak Layak Jalan

Jumat, 04 Desember 2015 | 19:02 Wita - Editor: Chaerul Fadli - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com – Sekitar 37 bis dinilai tidak layak beroperasi di Terminal Regional Daya, Jl Kapasa Raya, Biringkanayya. Hal ini berdasarkan hasil Ramp Check yang digelar Direktorat Keselamatan Transportasi Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia (RI) sejak 2-3 Desember 2015.

“Aparat PD Terminal Daya, kepolisian, dan Dishub provinsi serta kota harusnya bertindak tegas terhadap bus-bus yang bermasalah tentang keselamatan, tidak boleh berangkat. Rutin diadakan ramp check gabungan juga sesuai formulir dari Kemenhub kemarin,” ujar Kasubdit Manajemen Keselamatan Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Mulhayadi, Jumat (4/12/2015).

Seluruh bis itu dinilai tidak layak beroperasi berdasarkan kelengkapan kendaraan. Misalnya, kondisi kaca buruk, tidak ada alat pemecah kaca, ban vulkanisir, tidak ada kotak P3K, tidak ada pintu darurat, dan lainnya yang menunjang keselamatan penumpang.

Dari pantauan direktorat di bawah naungan Kemenhub itu, juga ditemukan tiga sopir dengan kondisi sakit, seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

“Disamping itu banyak juga STNK mati, KP (Kartu Pengawas mati/tdk sesuai dengan trayek). Sepertinya di Makasar banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh instansi terkait (PD Terminal, Kepolisian, Dishub provinsi dan kota),” jelasnya.(*)

Tags:

BACA JUGA