Logo UNM, UNM
Ilustrasi

One Asia Foundation Perkenalkan Peluang Beasiswa Ke Jepang Pada Mahasiswa UNM

Senin, 07 Desember 2015 | 21:40 Wita - Editor: Muhammad Seilessy - Reporter: Amiruddin - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Universitas Negeri Makassar (UNM) bekerjasama dengan One Asia Foundation memperkenalkan peningkatan kualitas pendidikan serta peluang melanjutkan studi di luar Negeri khususnya di Jepang.

Kerjasama ini berlangsung sejak Oktober 2015-Februari 2016. Hal ini diungkapkan founder one asia Foundation, Prof. Dr. Danie Risda saat menggelar kuliah umum “Asian Community Lectures : Resour Shering and Student Mobility” di Ballroom Lantai 3 Gedung Phinisi UNM, Senin (7/12/2015).

“Dengan mengusai beberapa bahasa asing kita bisa memiliki peluang melanjutkan studi di luar negeri dan dapat menjadi peluang untuk mendapat bekerja di perusahaan Asing ataupun di luar negeri,” ujar Danie

Danie, mengatakan saat ini, beberapa Universitas di Asia temasuk Jepang yang menjalin kerjasama dengan One Asian Foundation, dalam hal peningkatan kualitas pendidikan, pertukaran pelajar dan kesempatan lanjut studi di berbagai Universitas di Asia terutama di Jepang.

Halaman 2

“Untuk kuliah di Jepang bisa melalui jalur beasiswa dan jalur biaya sendiri. Pemerintah Jepang dan beberapa Universitas menyediakan beasiswa untuk melanjutkan study di Jepang, seperti beasiswa Jaso, Jepan Foundation. Untuk yang berminat bisa koordinasi dengan One Asian Foundation ataupun melalui Prof. Daniel Longh”. Tuturnya

Sementara, Pakar Linguistik Universitas Tokyo, Prof Daniel Longh, mengungkapkan keuntungan orang memiliki kemampuan berbahasa asing.”ada beberapa hal, keuntungan orang belajar bahasa asing baik secara ekonomi ataupun secara budaya” ujarnya

Prof Daniel menjelaskan banyak cara agar dapat mudah memahami bahasa Ingris seperti menulis, membaca maupun melalui permainan game yang berbahasa Inggris.

“Sebenarnya bahasa asing bisa dilatih melalui game, Menebak gambar, mendengar dan menyanyikan lagu, nontong film dan sebagainya tergantung bahasa apa yang kita ingin pelajari,” Ujarnya.

Menurut Daniel, dengan memiliki kemampuan bahasa bisa membuka peluang ekonomi secara personal. ia mencontohkan di Jepang ketika memiliki kemampuan dua bahasa asing, itu bisa mendapatkan uang dengan bekerja sebagai penerjemah bahasa.