Aksi teatrikal Solidaritas Mahasiswa Makassar (SMM) meminta Ketua DPR RI Setya Novanto.

Solidaritas Mahasiswa Makassar Desak MKD Copot Setya Novanto

Senin, 07 Desember 2015 | 14:45 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Solidaritas Mahasiswa Makassar (SMM) mendesak Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) untuk memecat  ketua  DPR RI Setya Novanto dari jabatannya karena dinilai telah melecahkan amanah rakyat.

“Kami minta Setya Novanto  mundur dari jabatannya, karena tindakannya telah melanggar hukum, dan melecehkan amanah rakyat. MKD harus tegas memutuskan genjaran atas perilaku Setya Novanto,” kata Kordinator Lapangan (Korlap) Sahrul saat berorari di depan Gedung DPRD Makassar, Senin (7/12/2015).

Massa juga menilai sikap Setya Novanto juga telah melanggar UUD 1945 pasal 33 yang mana pengelolaan SDA untuk kemakmuran rakyat. Namun proses lobi atas PT Freeport dengan ketua DPR RI ini dianggap telah mengkhianati amanah UUD tersebut.

“Lobi pembagian saham oleh setya dengan PT Freeport telah melanggar UUD. Setya harus turun dari jabatannya secara tidak terhormat,” ujar Sahrul.

Massa juga meminta MKD agar lebih tegas menjatuhkan sanksi dalam persidangan kode etik yang diselenggarakan hari ini, kepada setya karena ini menyangkut harga diri masyarakat Indonesia.

Massa juga melakukan teatrikal atas penghukuman oleh rakyat kepada pejabat publik yang tidak mengindahkan amat rakyat, selain itu massa juga membakar sejumlah poster Setya sebagai simbol perlawanan rakyat Indonesia