Ilustrasi
#

KPU Gowa Sulit Upload Langsung C-1

Selasa, 08 Desember 2015 | 19:25 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Nasruddin - Go Cakrawala

Gowa, GoSulsel.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang berusaha mencegah kecurangan Pilkada 11 kabupaten di Sulawesi Selatan. Upaya yang ditempuh adalah menginstruksikan Petugas Tempat Pemungutan Suara (TPS) agar langsung men-scan hasil rekapitulasi perhitungan suara atau C-1 kemudian diupload ke website KPU RI.

Namun hal itu sulit diwujudkan. Pasalnya, petugas TPS di daerah tak memiliki peralatan lengkap untuk scan dan upload C-1 ke website KPU RI. Komisioner KPU Gowa, Muktar Muis, mengatakan, sulitnya melaksanakan cara itu karena di Gowa ada sebanyak 1.000 TPS. Jadi, untuk menscan hasil rekap dibutuhkan 1.000 scan di tiap TPS. Namun, di TPS tak didukung oleh alat untuk mengupload C-1.

“Siapa yang mau menyiapkan 1.000 scan untuk 1.000 TPS? Tentu saja tidak ada. Maka dari itu hasil rekapitulasi di TPS itu dikumpulkan di PPK (Panitia Pemungutan Kecamatan) kemudian dikirim ke KPU Gowa untuk discan kemudian diupload,” jelasnya, saat ditemui di ruangan kerjanya di Gowa, Selasa (08/12/2015).

Hanya saja, pihaknya tetap yakin dapat mengupload hasil C-1 ke website KPU RI, setelah berkas C-1 masuk di kantor KPU Gowa.

“Kita punya alat scan yang bisa menscan langsung 5 lembar sekaligus. Kemudian kita akan upload ke web KPU dan masyarakat dapat melihat langsung hasil C-1 di tingkat TPS. Yah, kemungkinan sore sudah ada hasilnya,” katanya.(*)