Petugas MDMC Simulasi Bencana di RS Sitti Khadijah Selasa (8/12/2015).

Uji Kemampuan Taktis, Petugas MDMC Simulasi Bencana di RS Sitti Khadijah

Selasa, 08 Desember 2015 | 12:44 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sahrul Ramadhan - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Uji kemampuan taktis petugas penanggulangan bencana Muhamadiyah Disaster Managemen Center (MDMC) menggelar Simulasi penanggulangan bencana. Simulasi digelar di Rumah Sakit (RS) Siti Khadijah 1 Makassar, Selasa (8/12/2015).

“Simulasi penanggulangan bencana dilakukan sekitar pukul 09.45 Wita. Ini dikhususkan pada penanggulangan kebakaran Rumah Sakit. Dalam kegiatan ini pula melibatkan pihak medis RS, BNPB, Damkar, Polisi & Dinas Kesehatan (Dinkes),” kata Manager Program & Kesiapan Masyarakat PP Muhammadiyah, dr Rahmawati Hasan, ketika ditemui di simulasi.

Rahmawati Husain mengatakan Simulasi rencana penanggulangan bencana ini lakukan untuk meningkatkan kemampuan taktis aparat penanggulangan bencana di Rumah Sakit.

“Kegiatan ini guna Menguji kesiapan RS & melatih para karyawan dalam penggulangan bencana yang terjadi kapan saja,” tambahnya.

Halaman 2

Menurutnya, kegiatan ini merupakan pertama kali yang dilakukan di Makassar dengan mengambilan bencana kebakaran, dikarenakan makassar sangat rentang dengan bencana tersebut ketimbang dengan bencana lain.

Sementara itu, Kegiatan di rumah sakit anak ini langsung di evaluasi oleh pusat pengendalian krisis kesehatan kemenkes RI, Pusdiklat BNPB & beberapa mitra lembaga penanggulangan bencana pimpinan pusat muhamadiyah.(*)


BACA JUGA