Ilustrasi
#

TPS 2 Romang Polong Sediakan Musik Tradisional & Baju Adat

Rabu, 09 Desember 2015 | 11:09 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Tempat Pengumutan Suara, (TPS) yang unik lainnya, berada di Kelurahan Rumang Polong, Kecamatan Sumba Opu. TPS 2 ini semua petugas PPS menggunakan baju adat bugis – Makassar baju Bodo.

“Ini kita ingin mengangkat budaya ada masyarakat kabupaten Gowa dan masyarakat cukup antusias dalam menggunakan hak suara mereka hari ini,” kata Lurah Rumang Polong, Syamsuddin Dg Awing, saat memantau pelaksanaan pemilihan di Jl Mustafa Dg Bunga, Kelurahan Rumang Polong, Kecamatan Somba Opu, (9/12/2015).

Dalam area TPS juga tersedia alat musik Tanjidor, menurut Syamsuddin, alat musik yang dibunyikan tersebut sebagai penanda dimulai suatu pesta demokrasi dan pesta rakyat. Selain itu menurutnya untuk mengangkat musik tradisional yang hampir pudar akibat perkembangan musik modern.

“Dalam moment Pilkada kita manfaat dan melestarikan alat musik tradional yang mulai di makan zaman, jadi melalui pesta demokrasi kita ingin menunjukan kepada masyarakat untuk ingat budaya kita. Dalam acara yang 5 tahun sekali ini kita berharap masyarakat memilih berdasarkan hati nuraninya,” harapnya.

Syamsuddin berharap dengan kegiatan pesta demokrasi ini mengangkat kembali budaya Makassar yang telah terkikis oleh budaya modern bisa dilakukan dalam kegiatan apapun termasuk moment Pilkada.


BACA JUGA