KPID Sulsel

KPID Award Ajang Pembuktian Kualitas Penyiaran di Sulsel

Minggu, 13 Desember 2015 | 16:24 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Insan pertevisian Sesulawesi selatan, terkhusus di kota Makassar merasa malam Minggu (12/12) kemarin merupakan malam terbahagia bagi mereka. Pasalnya untuk kesepuluh kalinya Komisi Penyiaran Indonesia (KPID) SulSel kembali menghelat ajang bergengsi yakni KPID Award.

KPID Award merupakan bentuk penghargaan bagi karya anak muda sulawesi selatan dibidang penyiaran yang diselenggarakan sekali dalam setahun.  Dilaksanakan di Hotel Sahid Makassar.

Award tersebut dianugerahkan ke stasiun penyiaran televisi dan radio yang memeiliki prorgam terunggul, terutama tontonan yang kontennya ramah terhadap anak dan tidak mengandung unsur kekerasan dan pelecehan terhadap perempuan.

Berdasarkan pengamatan dan penilaian dari tim juri independent (yang terdiri dari akademisi, pengamat media dan aktifis anak, budayawan serta aktifis perempuan) selama beberapa pekan,  maka digodoklah seratusan program tv dan radio sesulsel yang iktu lomba untuk dipilih menjadi 3 program nominasi terbaik.

Dari ketiga program terbaik ini, dipilih lagi salah satunya menjadi program terunggul.. Ada 7 kategori yang akan dianugerahkan untuk program tersebut. diantaranya Berita terbaik, iklan layanan masyarakat terbaik, hiburan televisi, feature dan inspiring prorgam.

Halaman 2

Cakrawala TV (group lokal NET.) melalui program Sinema Anak Negeri dianugerahi sebagai tonton hiburan televisi terbaik mengungguli program paccarita milik Pare tv dan Kapal Pintar milik Celebes tv. Sinema Anak Negeri adalah program pemutaran film dan sinema, yang murni merupakan karya anak muda dikota Makassar dan sekitarnya.

Selain pemutaran film secara berkala program ini juga mengupas sisi lain yang terjadi dibelakang layar dari sebuah film serta resensi film yang terhits dipekan itu. Sri Irmayanti Suryani Ass.produser Sinema Anak Negeri mengungkapkan bahwa program ini merupakan wadah untuk sineas yang berbakat, mengingat tingginya minat terhadap dunia perfileman dikota makassar.

“KPID Award yang kami peroleh ini, membuat kami bangga dan merupakan bentuk apresiasi karena terbatasnya jam tayang kami hanya satu jam sehari, ditambah pengalaman mengudara kami belum cukup setahun tapi telah mendapat anugerah begitu luar biasa. Dan ini menjadi spirit kami untuk menghadirkan karya berkualitas kedepannya” Ungkap Sri.

Selain Sinema Anak Negeri, Program Cakrawala tv yang lain juga masuk nominasi tiga terbaik yakni Lingkar Kreatif. Program ini berisi informasi faeture yang berkisah tentang seseorang atau sekelompok orang dalam masyarakat yang telah menghasilkan karya dimana karya mereka bisa menginspirasi orang lain.

Program Lingkar Kreatif dikemas berbeda, dimana host programnya tidak disampaikan oleh presenter manusia, melainkan menggunakan maskot 2 jari yang diberi sentuhan animasi berupa rambut, mata dan mulut lalu suara diisi dengan dubbing. Sistem siaran seperti ini merupakan pertama kali dikota Makassar.

Citizen Reporter: KPID Sulsel 


BACA JUGA