Penangkaran rusa, Unhas, Istana Bogor, Wisata Makassar, Wisata di Makassar, Wisata Binatang, Wisata Binatang di Makassar
Seekor rusa sedang duduk di area dekat danau Universitas Hasanuddin, Minggu (13/12/2015). Tempat penangkaran rusa ini bisa jadi salah 1 alternatif tujuan wisata di Makassar. (Foto: Muhaimin/GoSulsel.com)

Penangkaran Rusa, Wisata Kampus bagi Warga Makassar

Senin, 14 Desember 2015 | 10:04 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Bercengkerama dengan rusa bisa jadi pilihan tujuan petang ini. Selain di halaman rumah jabatan (Rujab) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), warga juga bisa menyaksikan rusa di area penangkarannya di daerah dekat danau Universitas Hasanuddin (Unhas). Kawasan ini pun tak kalah menarik dari penangkaran rusa di Istana Bogor.

“Adami juga di sini. Biasa abadikan momen dengan potret, berbagi rusa tutul saat makan,”  ujar Ari, salah seorang pengunjung penangkaran di Unhas kepada GoSulsel.com, Minggu (13/12/2015).

Menurut Suryadi, salah seorang petugas keamanan, rusa tutul yang ada di sini merupakan sumbangan istana negara di Bogor yang jumlahnya sekitar 50 ekor.

“Kalau tidak salah, sekitar tahun 2009 didatangkan ke Unhas. Saat itu 50 ekor dan dibawa sebagian ke Rujab Gubernur Sulsel. Sejak munculnya rusa, lumayan bagus antusiasnya mahasiswa dan warga untuk melihat rusa dalam penangkaran,” ujar Suryadi.

Namun sayangnya, setelah berbincang cukup lama dengan Suryadi, ada 1 masalah yang kerap menghantui rusa-rusa yang ada di dalam penangkaran hingga akhirnya mati.

Halaman 2

“Dulunya banyak, sekarang ada sekitar 30an lebih. Kalau tidak salah 36-lah. Biasanya anjing masuk naterkam itu rusa. Jadi banyakmi juga yang mati,” katanya.

Dalam kondisi itu, akhirnya petugas menyiasati dengan memberi palang di bagian pagar yang lubang tempat anjing masuk. Sejak saat itu, jumlah kematian rusa kian menipis.

“Untuk sekarang kurangmi yang mati, palingan yang sakitji banyak. Tapi sudah diantisipasi oleh pihak Unhas untuk diperiksa oleh dokter dari Unhas atau mahasiswanya Kedokteran Hewan Unhas,” ungkapnya.

Tempat ini jadi salah 1 tempat hiburan kala suntuk. Cukup membawa bekal untuk pakan ternak seperti wortel, kangkung, dan sayuran yang lain. Biasanya, pihak kampus juga menyediakan, jadi Anda tinggal mengambil peran sebagai penyuap.

“Bisaji di sini kasi makan. Tapi harus bawa makanan sendiri. Bisaji diliat dari info pemberitahuan yang tertempel dan tertulis makanan khusus bagi rusa,” terang Suryadi.(*)

 


BACA JUGA