War Room, War Room Makassar
Danny Pomanto sedang berdiri di War Room Kota Makassar, Senin (14/12/2015). (Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Makassar)

Canggih, Pemkot Makassar Pantau Kota dengan Alat Pendeteksi Senjata Tajam

Selasa, 15 Desember 2015 | 15:40 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Pemerintah Kota Makassar dalam program Smart City-nya akan pasang Camera 68 CCTV di titik rawan. Seperti di pasar, Kantor Kelurahan, dan Kantor Kecamatan. Tempat-tempat itu juga dilengkapi dengan pendeteksi senjata tajam dan senjata api.

“Di antaranya terdapat kamera infra merah yang mampu mendeteksi logam atau senjata seperti busur dan badik serta senjata api sehingga begal bisa segera dilumpuhkan sebelum melakukan aksi kejahatannya,” ujar Wali Kota Makassar di War Room Balaikota Makassar, Selasa (15/12/2015).

Menurutnya, dengan kekuatan big data yang dimiliki, pelaku kejahatan atau pelanggaran yang lain bisa segera diketahui identitasnya. Misalnya mobil yang terdeteksi melanggar lalu lintas akan otomatis di-capture nomor platnya oleh CCTV. Setelah itu, identitas pemilik dan alamat rumahnya pun segera terlacak.

Adapun sumber tenaga kelistrikan yang dipergunakan yakni solar shell (tenaga surya), baterai, dan genset. Sedangkan penyimpanan (recording) yang dimiliki akan bisa menampung data hingga 5 tahun lamanya.(*)


BACA JUGA