Logo UNM, UNM
Ilustrasi

Penjaringan Bakal Calon Rektor Universitas Negeri Makassar Tertunda

Selasa, 15 Desember 2015 | 20:13 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Amiruddin - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Hari ini, Selasa (15/12/2015), merupakan jadwal Rapat Senat Pengumuman Bakal Calon Rektor yang memenuhi persyaratan dan penandatanganan deklarasi damai 1 untuk Universitas Negeri Makassar (UNM) dari bakal calon rektor. Tapi agenda ini tertunda dan masih menunggu penjelasan tertulis dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) tentang penjelasan peraturan Kemenristek Dikti No 1 tahun 2015. Seperti yang dijelaskan oleh Ketua Panitia Pemilihan Rektor UNM, Prof Dr Amin Rasyid, MA, di ruangannya, Lantai 5 Gedung Phinisi.

Amin Rasyid mengatakan, bahwa seyogyanya hari ini telah dilakukan rapat senat untuk mengumumkan bakal calon rektor yang memenuhi persyaratan.

“Karena belum adanya penjelasan tertulis dari Dikti yang menjelaskan peraturan Kemenristek Dikti No 1 Tahun 2015 mengenai kriteria Calon Rektor yang memiliki makna yang multitafsir. Sehingga tahap pendaftaran tertunda yang seharusnya telah dilakukan pada 20-27 November dan hari ini seharusnya telah diadakan rapat untuk mengumumkan yang memenuhi syarat menjadi bakal calon rektor,” jelas Amin Rasyid yang juga menjabat Ketua Majelis Guru Besar UNM.

Amin Rasyid mengaku telah beberapa kali menghubungi Kemenristek Dikti dan katanya mereka akan menyampaikan penjelasan itu dalam waktu dekat.

“Saya selaku ketua panitia berharap agar Dikti bisa secepatnya memberikan penjelasan tertulis itu. Agar agenda penyaringan tidak mundur dan pemilihan rektor tetap bisa dilaksanakan pada 3 Maret nanti, karena tinggal penjelasan itu yang kami tunggu untuk melanjutkan proses penjaringan dan penyaringan,” ujar Amin Rasyid.

Halaman 2

Amin Rasyid juga menyampaikan bahwa di UNM ada 183 dosen yang memenuhi kriteria Doktor dan Lektor Kepala. Mereka setidaknya memiliki pengalaman manajerial minimal ketua jurusan selama 2 tahun dan berusia di bawah 60 tahun.

“Tapi sampai saat ini kita belum bisa memastikan berapa bakal calon rektor karena belum dibuka pendaftaran. Memang saat ini sudah ada beberapa nama yang mencuat sebagai bakal calon rektor, tapi itu belum pasti karena semuanya bisa berubah. Tapi saya selaku masyarakat UNM pemilihan rektor ini bisa mendapatkan calon rektor yang terbaik untuk UNM,” ungkap Mantan Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra UNM ini.(*)


BACA JUGA