Jalan Hertasning, Pohon di Makassar, Pohon Trambesi
Area Jl Hertasning yang ditumbuhi pohon -pohon rindang. (Foto: Andi Dahrul Mahfud/GoSulsel.com)

Pohon Rindang Sepanjang Jl Hertasning, Antara Cemas & Damba

Selasa, 15 Desember 2015 | 12:44 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Saat musim penghujan, salah 1 hal yang patut diwaspadai adalah pohon-pohon rindang di tengah kota. Salah satunya adalah yang tumbuh di Jl Hertasning. Jika angin bertiup kencang, mereka bisa saja tumbang dan menimpa pengguna jalan.

Lokasi ini merupakan lokasi yang menurut pengguna jalan cukup rawan tertimpa ranting atau pohon tumbang saat musim hujan. Hal itu bisa dilihat dari pangkal pohon yang sudah menutupi sisi jalan. Selain itu, akar-akarnya juga mengenai beberapa kabel yang menjulang. Hal itu juga jadi kecemasan tersendiri bagi para pengendara khususnya pengendara mobil.

“Kalau bisa, setiap kali datang musim hujan, yah sebaiknya dipotong saja sedikit. Bukan ditebang na, tapi dipotong itu rantingnya yang bisa saja membahayakan orang kodong. Iniji yang kita takutkan kalau mobil nakenna, bisa-bisa mati orang dalam mobil gara-gara dijatuhi pohon,” ujar Dzulkifli yang dijumpai GoSulsel.com saat sedang belanja di pinggir Jl Hertasning, Senin (14/12/2015).

Namun seorang warga yang lain memberi komentar berbeda. Ia beranggapan, pohon-pohon ini punya fungsi penghijauan kota. Di musim kemarau, mereka berperan meneduhkan jalan serta jadi penyaring berbagai polusi kendaraan.

“Yah, sayang juga kalau dipotong iyya karena musim tidak ditahu. Kadang terik sekali, kadang juga hujan. Tapi bagusnya kalau rindang, itu lebih adem, tidak panas. Belum lagi gerahnya, belum lagi polusinya. Kan pohon salah 1 fungsinya untuk mengisap berbagai polusi kendaraan,” papar Imran.

Halaman 2

Sulit ditampik. Memang pada musim kemarau pohon-pohon ini berperan banyak. Lokasi sepanjang Jl Hertasning ini jadi tempat yang cukup segar bagi pejogging yang berkerumun pada Sabtu dan Minggu, mulai pagi hingga sore hari. Kadang pula kawasan ini dijadikan sebagai tempat berteduh para penjual pakaian, baju, dan berbagai macam aksesoris di sepanjang jalan itu.

Lokasi penghijauan di sepanjang Jl Hertasning ini tak luput dari jasa almarhum Andi Tenri Gappa atau Onny Gappa. Ia adalah mantan wakil Wali Kota Makassar, yang mempunyai misi untuk penghijauan Makassar.

Sejak era 1990-an, ia menanam. Khususnya pohon trembesi. Salah satu contoh adalah deretan trembesi yang kini meneduhkan Jl Hertasning.

Berikut foto-fotonya:

Halaman 3

Jalan Hertasning, Pohon di Makassar, Pohon Trambesi

Halaman 2

Jalan Hertasning, Pohon di Makassar, Pohon Trambesi

Halaman 3

Jalan Hertasning, Pohon di Makassar, Pohon Trambesi

(*)


BACA JUGA