Massa unjuk rasa di KPU Pangkep mendapat pengamanan ketat dari polisi, Rabu (16/12/2015).
#

Massa AMP Curiga Ada Kecurangan di Pilkada Panwas Minta Bertindak

Rabu, 16 Desember 2015 | 16:01 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sahar - Go Cakrawala

Halaman 1

Pangkep, GoSulsel.com – Puluhan elemen masyarakat yang mengatas namakan diri Aliansi Masyarakat Pangkep,  menggelar unjuk rasa di dapan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pangkep, Rabu (13/12/2015). Dalam orasinya massa menyuarakan aspirasi menolak kecurangan Pilkada Pangkep & menuding telah terjadi kecurangan yang bersifat massif serta sistematis.

Dalam aksinya, salah seorang massa, Muh Syawir meneriakkan menolak hasil Pilkada Pangkep dan menuntut pemilihan ulang. Selain itu demonstran juga meminta polisi & Panwas melakukan penyelidikan atas terjadinya kecurangan dan penyimpangan secara terstruktur, sistematis serta masif.

Selain itu, dalam aksi tersebut, massa menyampaikan orasinya dengan meneriakan sejumlah tuntutan diataranya agar rapat penetapan pasangan calon di tunda hingga seluruh proses kecurangan dalam pilkada diadili sesuai aturan hukum, serta menuntut Kepolisian segera menindak lanjuti laporan kecurangan termasuk adany politik uang dan penggelembungan suara.

Sementara itu, menyikapi tuntutan massa, ketua KPU Kabupaten Pangkep usai bertemu dengan perwakilan massa memberikan masukan agar masyarakat engunakan jalur hukum sesuai ketentuan. enurut mrzuki, penundaan penetapan dipastikan tidak dapat dilakukan mengingat telah diaturnya masa waktu sesuai dengan peraturan KPU nomor 2 tahun 2015.

Halaman 2

Sesuai dengan jadwal, perhitungan tingkat kabupaten akan dimulai tanggal 16 hingga 18 desember dan  itu adalah perhitungan rekap. Namum dalam tiga hari itu tidak ada gugatang, maka penetapan calon terpilih, dan tanggal 23 sampai 29 Desember nanti maka itu ada pengesaha calon terpilih, jika ada gugatang maka menetapan dilakukan antara januari hingga maret  setelah adanya hasil dari Mahkamah Konstitusi.

Informasi dihimpun, aksi tersebut terlihat sejumlah tim sukses dan pendukung Pasangan Calon Bupati Pangkep dan wakil Bupati Pangkep nomor urut satu.

Dalam aksi inipun, dikawal ketak puluhan personel kepolisian dari berbagai kesatuan melakukan pengamanan aksi unjuk rasa dari Aliasi Masyarakat Pangkep.


BACA JUGA