Forum Pemerhati Masalah Perempuan (FPMP) Sulsel mensosialisasikan hasil studi pelaksanaan skema Jaminan Kesehatan Nasional (JKN)

FPMP Sulsel Prihatin Masih Tingginya Kematian Ibu di Indonesia

Kamis, 17 Desember 2015 | 11:42 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar,GoSulsel.com – Forum Pemerhati Masalah Perempuan (FPMP) Sulsel prihatin masih meningkatkan kematian ibu, adanya aborsi serta masih minimnya sosialisasi pendidikan seksual.

Hal itu disampaikan FPMP saat sosialisasi hasil studi pelaksanaan skema Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam kaitannya dengan kebutuhan perempuan dan pelayanan kesehatan reproduksi dan seksualitas, yang berlangsung di Hotel Continent, Jl Adiyaksa, Makassar, Kamis (17/12/2015).

“Masalah kesehatan perempuan terus menjadi sorotan dan keprihatinan. Selama ini kematian ibu selalu menunjukan peningkatan, masalah aborsi yang tidak aman yang terus terjadi, serta masalah seksualitas menjadi hal yang tabu walaupun epidemik AIDS dan infeksi menular telah menyebar luas di masyarakat,” kata Kordinator Peneliti Yayasan Kesehatan Perempuan, Herna saat meyempaikan materinya,

Lanjut Herna, kanker terkait dengan organ reproduksi juga mengalami peningkatan. Namun pencegahan, pengobatan, dan pelayanan masih belum terjangkau luas di masyarakat.

“Kejadian masih terus meningkat jadi kita harapkan kedepan, program kesehatan harus mempertimbangkan kesehatan perempuan, dari beberapa hasil survey memang perlu adanya peningkatan pelayanan bagi perempuan,”katanya.