Ilustrasi

Praktisi Hukum Unhas: Calon Kalah Selalu Sebut Penyelenggara Tidak Bekerja

Kamis, 17 Desember 2015 | 13:58 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Nasruddin - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Praktisi Hukum Universitas Hasanuddin (Unhas), Anwar SH menyebutkan, banyaknya kandidat di Pilkada 11 Kabupaten di Sulsel yang tidak siap menerima kekalahan di Pilkada tahun ini.

Dia menyebutkan para kandidat yang kalah di pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil itu, selalu menyebutkan penyelenggara KPU dan Panwas tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

“Kalau kandidat yang menang ditanyak mengenai penyelenggara, pasti dia menyebutkan penyelenggara sudah menjalankan tugasnya dengan baik dan Demokrasi. Tetapi kalau kandidat yang kalah ditanyak mengenai penyelenggara pasti dia menyebutkan penyelenggara bermain curang dan tidak ada bagusnya,” ujar Anwar, saat menjadi pembicara di Diskusi Publik Evaluasi Pilkada Serentak di Sulsel tahun 2015,  Sebagai wujud Pengawalan Demokrasi, di Hotel Continent, Kamis 17 Desember 2015.

Selain itu, banyak calon yang kalah di Pilkada selalu meminta Pilkada ulang, namun kata dia jika Pilkada ulang dilaksanakan segala tahapan pilkada mulai dari pencalonan, rekap DPT, kampanye hingga pemugutan suara diulang.

Halaman 2

“Kalau kandidat yang kalah minta pilkada ulang, semua tahapan pilkada itu diulang, Ini seakan-akan calon dan timnya itu tidak siap kalah dan tidak paham tentang regulasi,” lanjut dia.

Pada diskusi tersebut dihadiri, Akademi Unhas, Dr. Jayadi Nas, Budayawan Drs. Alwi Rahman dan Legislator DPRD Sulsel, M Irwan Patawari.


BACA JUGA