Ketua Prodi Hukum Internasional Unhas: Laode Syarif Konsisten Lawan Korupsi Sejak Mahasiswa

Jumat, 18 Desember 2015 | 11:38 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Salah satu pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terpilih Laode Syarif sangat memiliki konsistensi dalam pemberantasan korupsi sejak dirinya menjadi mahasiswa, hingga menjadi akademisi.

“Dia itu anggota saya mengajar Hukum Internasional, saya ketua Prodi, Pak Syarif semenjak menjadi mahasiswa sudah konsisten melawan korupsi, dia itu aktivis di kampus, jadi orangnya konsisten,” kata Ketua Prodi Hukum Internasional, Fakultas Hukum Unhas, Prof Muhammad Syamsuddin Noor, saat ditemui diruangannya, Jumat (18/12/2015).

Konsistensi itu terlihat kata Syamsuddin Noor yang akrab disapa Bang Noor, sejak menjadi dosen di Fakultas Hukum Unhas dirinya banyak membimbing mahasiswa tentang kejahatan korupsi, sehingga usulan Laode Syarif kepada pihak Fakultas untuk membuat klinik khusus pemberantasan Korupsi.

“Usulan klinik khusus pemberantasan korupsi yang diusulkan Laode Syarif itu,  kepada mahasiswa agar memahami pemberantasan korupsi dan peran masayarakat dalam pemberantasan korupsi. Itu yang diusulkan,” terangnya.

Halaman 2

Ia juga berharap Laode Syarif bisa terus menjaga konsistensi dan tidak tergoyah oleh kekuasaan manapun, dan selalu, dirinya juga meminta dengan berbagai upaya pelemahan dan kriminalisasi yang terjadi kepada pimpinan sebelumnya. Ia meminta pilar-pilar negara harus membentengi itu, untuk menjaga independensi KPK dalam menjalankan agenda pemberantasan korupsi.

“Sebelum dia terpilih pernah saya panggil dia, saya bilang kalau kamu terpilih jangan pernah goyah pada apapun. Dan dia bilang sama saya, siap bang, dia juga siap mundur jika ada dia tidak sepakati,” kata Noor sambil meniru pembicaraan Laode Syarif. (*)


BACA JUGA