KSR PMI Unibos Gelar Bimbingan Teknis Perilaku Sehat

Jumat, 18 Desember 2015 | 13:53 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR PMI) Unit 105 Universitas Bosowa (Unibos) akan memasuki usianya yang ke XXII. Dalam rangkaian miladnya, KSR PMI Unibos menggelar Bimbingan Teknis Perilaku Hidup Bersih Sehat dan Dasar-Dasar Perawatan Keluarga, Jumat (18/12/2015).

Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Senat, Gedung 1, lantai 9, Unibos ini ditujukan langsung untuk Palang Merah Remaja (PMR) Wira se-Kota Makassar. PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Pola hidup yang tidak bersih akan memacu timbulnya banyak penyakit. Olehnya, untuk sehat, hal yang oertama yang harus dilakukan adalah bersih terlebih dahulu,” ungkap dr. Andi Mariani, MH.Kes.

Anggota PMI Kota Makassar ini menyampaikan bahwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat dengan membuka jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan edukasi dalam meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku untuk bisa hidup sehat.

dr. Mariani mengungkapkan bahwa PHBS memiliki tatanan. Tatanan adalah tempat dimana sekumpulan orang hidup, bekerja, bermain, berinteraksi. Tatanan PHBS meliputi PHBS tatanan rumah tangga, PHBS tatanan sekolah, PHBS tatanan tempat kerja, PHBS tatanan sarana kesehatan, PHBS tatanan tempat umum.

Halaman 2

“Jika kelima tempat ini bisa kita jaga pola hidup sehatnya, maka bisa dipastikan jumlah orang yang menderita penyakit akan sangat kurang,” tuturnya.

Olehnya, melalui kesempatan ini, dr. Mariani menyampaikan harapannya agar setiap informasi yang didapatkan di ruang dan forum semacam ini bisa diaplikasikan ke diri masing-masing dan disebarkan ke orang-orang di sekitar masing-masing.

Selain dr. Mariani, turut pula hadir sebagai narasumber Fandi Setiawan Waris yang juga merupakan pelatih KSR PMI. Senada dengan narasumber lainnya, Fandi Setiawan mengungkapkan bahwa kebersihan diri merupakan faktor penting dalam usaha pemeliharaan kesehatan.

“Menjaga kebersihan diri berarti menjaga kesehatan secara umum,” katanya.

Kebersihan diri yang dimaksud adalah seperti mandi setiap hari secara teratur dengan menggunakan air bersih dan sabun, mencuci tangan dengan baik dan benar. Kegiatan ini pun memberikan kesempatan kepada seluruh peserta yang hadir untuk memperagakan secara langsung beberapa pola hidup sehat yang telah dijelaskan oleh masing-masing narasumber. (*)

Citizen Reporter: Ayu Adriyani – Humas Unibos


BACA JUGA