Ilustrasi

Partisipasi Pemilih di Pilkada Gowa 67%

Jumat, 18 Desember 2015 | 15:43 Wita - Editor: Chaerul Fadli - Reporter: Muhammad Seilessy - GoSulsel.com

Makassar, GoSulsel.com – Tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih pada Pilkada Gowa lalu, semakin menurun. Dari hasil data rekapitulasi yang dilakukan Komisi Pemilihan umum Daerah (KPUD) Gowa tercatat hanya 67 persen dari jumlah 558.910 Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada serentak 2015.

“Tingkat partisipasi masyarakat hanya mencapai 67 persen. Angka ini sangat kurang dari yang kita targetkan bersama KPU Sulsel sebanyak 80 persen,” kata Komisioner KPUD Gowa, Arif Budiman saat dihubungi, Jumat (18/12/2015).

Menurutnya, partisipasi masyarakat yang paling menurun ada di Kecamatan Somba Opu, hanya mencapai sekitar 60 persen. Menurutnya penurunan angka partisipasi ini dipengaruhi beberapa faktor, salah satunya tingkat masyarakat yang heterogen dan bekerja di kota. Selain itu, animo masyarakat kota yang cenderung pragmatis.

Sementara kecamatan yang paling tinggi, yakni Kecamatan Parangloe yang angka partisipasinya melebihi 80 persen. “Rata-rata daerah dataran tinggi semua normal. Apalagi daerah yang agak pedalaman,” jelasnya.(*)

Tags:

BACA JUGA