Pemulung, Pemulung di Makassar
Seorang pemulung di tengah hamparan sampah plastik. (Foto: Muhaimin/GoSulsel.com)

Asosiasi Pemulung Desak Pemkot Perbaiki Jalan Akses TPA Antang

Jumat, 25 Desember 2015 | 11:23 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Syafruddin - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Pemerintah Kota Makassar diminta segera melakukan penanganan khusus terkait jalanan rusak menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang.

Sejak memasuki musim penghujan, kendaraan pengangkut sampah Tangkasaki’ (Makassar Tidak Rantasa’) sudah tak bisa lagi memasuki area TPA untuk melakukan pembongkaran. Hal itu dikarenakan kondisi jalan yang biasa dilalui sudah sangat parah. Diperparah lagi dengan jalanan tanah yang becek.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Asosiasi Pemulung Sampah Kota Makassar, Hamzah Hamid, saat dikonfirmasi melalui saluran teleponnya. Ia mengatakan, pemerintah kota (Pemkot) Makassar harus segera mengambil tindakan penanganan khusus. Sebabnya, hal itu akan berdampak pada masyarakat secara keseluruhan.

“Ini sudah darurat, Pemkot harus segera lakukan tindakan penanganan,” ucap Hamzah Hamid, ketika ditelepon, Jumat (25/12/2015).

Hamzah Hamid yang juga Sekretaris Komisi D DPRD Makassar ini mengaku prihatin dengan kondisi yang terjadi di TPA Antang.

Halaman 2

Menurutnya, satu-satunya jalan adalah Pemkot harus lakukan pembebasan lahan atau membuka akses jalan baru untuk kendaraan pengangkut sampah. Jika tidak, maka akan terjadi tumpukan sampah yang bukan saja di sekitar area TPA. Akan tetapi juga di wilayah kota Makassar.

“Kasian pemerintah kota. Kota peraih Adipura tetapi masih saja berkutik dengan persoalan sampah,” sindirnya.(*)