Walikota Makassar Sambut 39 Rombongan Afrika Selatan

Sabtu, 26 Desember 2015 | 21:27 Wita - Editor: Muhammad Seilessy - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Wali kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto menerima Rombongan tour wisata peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dari Western Cape, Afrika Selatan. Rombongan yang berjumlah 39 orang ini dipimpin oleh Konjen RI untuk Cape Town Abdul Rachman Dudung di Rujab Walikota Jl. Penghibur Makassar.

Rachman sapaan Konjen mengatakan bahwa kunjungan yang dilakukannya merupakan penjajakan kerjasama sekaligus memperpanjang Memorandum of Understanding (MoU) antara Cape Town dengan Makassar.

“Kunjungan ini merupakan kegiatan tahunan di Afrika Selatan. Di samping itu mereka juga ingin menghidupkan kembali MOU sister province antara Provinsi Western Cape dan Sulawesi Selatan dimana kotanya adalah Cape Town dan Makassar,” ucapnya. Sabtu (26/12/2015)

Hal tersebut disambut baik Danny bahwa pihak Pemkot Makassar terbuka setiap saat bagi siapa pun yang hendak melakukan kerjasama.

Baginya, Kunjungan tersebut merupakan kunjungan yang sangat bersejarah terlebih karena memang Makassar dan Cape Town memiliki hubungan sejarah yang baik dengan ketokohan Syekh Yusuf.

Halaman 2

“Saya pikir hubungan historis ini perlu diabadikan. Perlu ada peningkatan hubungan yang lebih baik lagi sebagaimana hubungan pendidikan yang selama ini telah berjalan dengan baik,” ucap Danny.

Lebih jauh, Danny bahkan mengatakan akan membangun patung tiga tokoh kemanusian dunia berdampingan di pantai Losari yakni Syekh Yusuf di tengah, Mahatma Gandhi di samping kiri sementara Nelson Mandella di sebelah kanan.

Patung ini merupakan simbol hubungan yang menyejarah antara ke tiganya dimana Gandhi tokoh India yang berasal dari Afrika Selatan, Nelson Mandella mantan Presiden Afrika Selatan dan Syekh Yusuf Al Makassari asal Makassar yang menjadi tokoh inspirasi ke duanya dan merupakan tokoh yang disegani di Afrika Selatan.


BACA JUGA