Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Perum Bulog Sulsel Diminta Jaga Stabilitas Harga & Ketersediaan Sembako

Selasa, 29 Desember 2015 | 12:09 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com– Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, mengatakan,‎ Sulsel merupakan daerah produsen beras di Indonesia dan merupakan penyangga pangan bagi daerah atau provinsi lainnya. Perum Bulog sebagai perusahaan negara mengemban fungsi untuk mengurusi tataniaga beras dan memiliki tugas pokok melakukan stabilisasi dan pengelolaan persediaan bahan pokok dan pangan.

“Upaya stabilisasi harga pangan sangat dipengaruhi oleh aspek keterkaitan antar daerah. Hal itu dikarenakan tidak ada daerah yang mampu memproduksi semua kebutuhannya sendiri sehingga adanya ketergantungan satu daerah dengan lainnya,” terangnya, saat membuka rapat koordinasi dan persiapan 2016 Bulog Divre Sulselbar.

Menurutnya, saling keterkaitan tersebut menyebabkan stabilitas harga di suatu daerah rentan terhadap kesinambungan dan kecukupan pasokan, kelancaran arus distribusi, dan tata niaga barang, serta dipengaruhi oleh keterbatasan akses informasi. Untuk itu, kerjasama yang telah terjalin di level pemerintahan, perlu untuk lebih ditingkatkan dan diperkuat hingga pada level pelaku usaha, baik dalam provinsi maupun dengan pelaku usaha di provinsi lainnya.

“Pemprov Sulsel melalui sinergi dengan pelaku usaha dan Perum Bulog, telah melakukan kerjasama antar daerah dengan melakukan pengiriman beras Sulsel ke sebelas provinsi. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga stok beras di provinsi tujuan sehingga tidak terjadi gejolak harga, yang ternyata berdampak pada naiknya harga komoditas di Sulsel,” paparnya.

Halaman 2

Untuk itu, lanjut Agus, Pemprov Sulsel memberikan apresiasi kepada Perum Bulog yang telah ikut serta dalam menjaga stabilitas harga, khususnya kebutuhan pangan dan pengendalian inflasi di Sulsel. Di samping itu, untuk tahun 2015, Perum Bulog Divre Sulsel telah melakukan pengiriman beras ke 16 provinsi di Indonesia.

“Tugas pokok yang diemban Perum Bulog dalam pengadaan beras dalam negeri, tentunya tidak lepas dari peran para mitra kerja pengadaan. Untuk itu, sinergi dan kerjasama yang telah terjalin dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” imbuhnya (*)


BACA JUGA