Logo Pemkot Makassar

PD Pasar Makassar Targetkan Retribusi Rp 1,6 Milyar 2016

Rabu, 30 Desember 2015 | 16:50 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sahrul Ramadhan - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Realisasi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Makassar tahun 2016 mendatang menargetkan pendapatan retribusi sebanyak Rp 1,6 Miliar.

Untuk 3 bulan terakhir di tahun 2015 PD Pasar mampu melibihi target sebanyak dividen Rp 300 Milyar dari aset pasar yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) mencapai laba Rp 800 Juta.

Selain menargetkan penghasilan retribusi di tahun 2016 yang pendapatan laba hingga Rp 16 Milyar dari dividen Rp 1 Milyar lebih dari 17 pasar yang ada di Kota Makassar. Kendati sebanyak 4 pasar yang ada di Kota Makassar telah dipihak ketigakan, namun 2 diantaranya telah di ambil alih oleh PD Pasar karena pihak ke 3 telah melakukan 10 pelanggaran.

“Aset pasar milik pemkot menjadi salah satu kendala karena banyak pasar yang belum memiliki legilitas atau alas hak yang menjadi kendala kita ialah ada beberapa aset pasar yang belum memiliki alas hak dari 17 pasar di Kota Makassar,” jelas Direktur Utama PD Pasar Makassar Raya, Rahim Bustam, dalam dialog Pemaparan Kinerja PD Pasar Makassar 2015 dan Rencana Strategis Pengembangan Pasar Rakyat Ke Depan, di jalan Toddopuli Raya Timur, Rabu (30/12/2015).

Berdasarkan Pencapaian target tersebut pihak PD Pasar akan melakukan upaya dalam menunjang penghasilan laba tersebut, beberapa diantaranya ialah meningkatkan layanan kepada pedagang, diantaranya kenyamanan, keamanan dan kebersihan.

Halaman 2

Peningkatan layanan PD Pasar diberbagai pasar akan digalakkan seperti pengelolaan sampah akan di kelola langsung oleh PD Pasar, Januari 2016 mendatang, di seluruh pasar akan di pasangi CCTV untuk memantau keamanan pasar.

Mobil pengangkut sampah dan Mobil keamanan akan beroperasi 1 x 24 jam perharinya. Selain itu, PD Pasar juga akan bekerja sama dengan pihak Unilever dan Bulog untuk menyuplai berbagai barang dipasar-pasar yang dikelola PD Pasar.

“Untuk merubah image pasar tradisional di tengah masyarakat ialah kita tingkatkan layanan yang baiak seperti pasar sehat, memberantas preman pasar dan menjadikan pasar sombere’ sesuai dengan program Pak Walikota Makassar,” terangnya.

Pihak PD Pasar di tahun 2016 rencananya tidak akan memihak ketigakan pasar-pasar di Kota Makassar, malahan 4 pasar yang telah dipihak ketigakan 2 diantaranya telah di ambil alih oleh PD Pasar yaitu pasar Terong dan pasar Baru di jalan somba Opu.

“kedapannya kita akan kelola pasar sendiri, ada 4 pasar yang sudah dipihak ketigakan tapi kita telah ambil alih terong dan pasar baru,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA