Logo Tut Wuri Handayani

3 PTS di Sulsel Dipastikan Ditutup

Senin, 04 Januari 2016 | 18:07 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Amiruddin - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Setelah melalui verifikasi yang ketat, 3 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sulawesi Selatan (Sulsel) dipastikan ditutup. Sebab, ketiga PTS ini dinilai tidak melakukan aktivitas sebagaimana perguruan tinggi.

“Penutupan 3 PTS ini dilakukan karena sudah lama tidak melakukan pelaporan dan setelah kami tinjau, ketiganya tidak melakukan aktifitas lagi. Proses belajar yang tidak berjalan, tidak lagi memiliki mahasiswa dan dosen. Diantara ketiga PTS itu ada yang memang pihak pengelolanya yang meminta untuk ditutup,” ujar Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah IX, Dr Hawigyo MM ketiga dihubungi via telepon, Senin (4/01/2016).

3 PTS itu yakni Akademi Tehnik Otomotif Makassar, Politeknik Internasional Indonesia Makassar dan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Al-Gasali Soppeng. Ketiganya sudah ditarik surat Izinnya.

Selain 3 PTS itu, juga ada 3 PTS lainnya yang masih proses pembinaan. Yaitu Universitas Vetran Republik Indonesia, Institut Kesenian Makassar dan Akademi Keperawatan Pemda Sengkang.



“Tiga PTS itu masih diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan dan melengkapi berkas yang di minta Kemenristek Dikti hingga bulan Juni,” terang Hawigyo.

Halaman 2

Menurutnya, kesempatan ini diberikan karena PTS ini telah sementara proses melengkapi berkas dan pihak pengelolah memperlihatkan keseriusannya untuk memperbaiki kekurangan yang terjadi selama ini.

Sementara itu, sejumlah perguruan tinggi sudah diaktifkan kembali setelah sebelumnya sempat ditutup. PTS itu yaitu Universitas Indonesia Timur, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yapikas, STIKES Muhammadiyah Sidrap, Akademi Teknik Otomotive Makassar, Akademi Kebidanan Bambapuang Prima Persada Sulawesi Selatan, Akademi Kebidanan Graha Rabita Anugerah Sulawesi Selatan, dan Akademi Kebidanan Gunung Sari Makassar. (*)


BACA JUGA