Ilustrasi tambang di Sulsel.

Emas Lutra Siap Dieksplorasi 2 Perusahaan Tambang

Senin, 04 Januari 2016 | 20:26 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Dua perusahaan tambang emas masing-masing PT Masmindo dan PT Citra Palu Mining akan segera beroperasi di Kabupaten Luwu Utara. Keduanya, telah mengantongi izin eksplorasi dari pemerintah, bahkan salah satunya mendapat kontrak karya dari pemerintah pusat.

“PT Masmindo akan melakukan suatu kegiatan produksi pada tahun 2016 ini, kemudian juga PT Citra Palu Mining, keduanya mengelola emas di Luwu Utara,” kata Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Syamsul Bachri, di Kantor Dinas ESDM, Jl AP Pettarani, Senin (4/1/2016)

Menurut Syamsul, izin untuk kedua perusahaan ini berupa kontrak karya yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Saat ini, kata dia, PT Masmindo telah berada pada tahapan pembukaan lahan dan pra konstruksi pembangunan smelter.

Jika terwujud, PT Masmindo akan menjadi perusahaan pertama yang memiliki smelter emas di Sulsel. “Luasannya mencapai ribuan hektare. Sementara PT Citra Palu Mining berada pada tahapan eksplorasi,” ujarnya.



Halaman 2

Lebih lanjut, Syamsul menjelaskan bahwa Sulsel memiliki potensi tambang tembaga dan emas yang sangat besar. Ke depan, menurut Syamsul, Kabupaten Bone, Sinjai, dan Bulukumba akan menjadi daerah prospektif investasi tembaga dan emas.

“Sebenarnya hampir di setiap kabupaten/kota memiliki potensi tembaga dan emas, mulai dari Bone, Sinjai, Bulukumba, Maros, Enrekang, dan Wajo. Namun para investor cenderung masih ‘wait and see,” katanya. (*)


BACA JUGA