PDAM
Logo PDAM

Air PDAM Tak Mengalir, Warga Perumahan Puri Asri 2 Tahun Konsumsi Air Sumur

Rabu, 06 Januari 2016 | 13:41 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Andi Dahrul Mahfud - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Warga Perumahan Puri Asri, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, sudah 2 tahun mengkonsumsi air hujan. Pasalnya, hingga kini belum ada jaringan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar.

“Air PDAM tak mengalir. Warga sini sudah 2 tahun konsumsi air sumur dan air hujan. Hingga kini belum ada perhatian dari pihak terkait,” kata salah seorang warga Perumahan Puri Asri, Kasmawati, ketika ditemui GoSulsel.com, di rumahnya, Rabu (6/1/2016).

Staf pegawai Dinas Kesehata Kota Makassar mengatakan, warga di perumahan ini hanya mengandalkan air sumur, jika ingin mandi maupun kebutuhan lainnya.  “Kalau minum harus beli galon dan mencuci baju harus ke tempat laundry,” ujarnya.

Ia mengatakan, tidak mengalirnya air PDAM membuat warga mengeluh. Pasalnya, para warga membayar biaya langganan PDAM sebesar 40 Ribu tiap bulannya.



“40 ribu biaya langganan, biar tidak dicabut. Namun ada juga sebagian warga yang tinggal disana, tidak membayar selama 3 bulan karena persoalan air tidak mengalir. Jadinya saluran airnya disegel,” katanya Kasmawati, Warga Perum. Puri Asri Jl. Perintis Kemerdekaan.

Halaman 2

Selain itu, Wanita (50) ini menegaskan banyaknya biaya yang terkuras akibat tidak mengalirnya air, “untuk beli air galon saja, setiap harinya saya dan keluarga butuh 8 galon sehari, dan harga pergalon 5 ribu rupiah, dikali 30 hari ada sekitar 1,2 juta perbulan, belum lagi biaya laundry,” ungkapnya.

Meski mobil PDAM kerap datang, namun tidak membuahkan solusi dari pelayanan mobil pemasok air tersebut kurang baik.

“Biasa sekali semingguji datang, kadang juga 1 kali dam 3 hari, itupun kalau ditelpon teruspi baru datang,” imbuhnya.

Ia menambahkan, agar persoalan ini secepat mungkin teratasi setelah 2 tahun tidak teraliri air bersih dari PDAM Kota Makassar.(*)