War Room, War Room Makassar
Danny Pomanto sedang berdiri di War Room Kota Makassar, Senin (14/12/2015). (Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Makassar)

Komisi A DPRD Makassar Apresiasi War Room Pemkot

Senin, 11 Januari 2016 | 19:17 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Keberadaan War Room dinilai punya manfaat yang sangat besar. Bahkan pengadaan War Room ini anggap sebagai salah satu terobosan penting yang dilakukan oleh Walikota Makassar, Ramdhan Pomanto.

“Luar biasa, ini terobosan baru dan manfaatnya luar biasa, tentu dewan mendukung,” ucap Ketua Komisi A DPRD kota Makassar, Abdul Wahab Tahir saat mengunjungi War Room, lantai 11 Menara Balaikota, Senin (11/01/2016).

Menurut Wahab, setelah melihat manfaat dari War Room milik Pemkot , Ia akan mengembalikan anggaran yang yang sebelumnya batal dicairkan untuk Pemkot.

“Kemarin itu karena komunikasi yang tidak intens saja, rasionalisasi anggaran, kami merasa menyesal juga karena Melakukan rasionalisasi anggaran dengan melihat manfaatanya hari luar biasa. Jadi kami mohon kepada Pemerintah Kota lebih awal menyampaikan ke kita dan hal-hal yang menyangkut dana yang besar,” ujarnya.



Halaman 2

“Saya atas nama dewan, berapa miliyar pun wajar diberikan karena manfaatnya jelas. Kalau ada yang melakukan kejahatan pasti tercover dengan di monitor. Saya harus angkat topi untuk program Walikota,” tambahnya.

Wahab datang berkunjung bersama 19 anggota DPRD Makassar yang lain dari berbagai komisi. Mereka juga menyaksikan presentasi dari Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Fakultas Teknik (FT) yang tergabung ke dalam Tim MARCH (Mechanical Aerial Research Community of Hasanuddin). Abdul Fatir Kasim mempresentasikan drone karya timnya yang dinamai Hexacopter atau enam baling-baling. Kelebihan pesawat tanpa awak rakitan MARCH mampu dikendalikan secara otomatis (autonomus) maupun manual.

“Kendali secara otomatis dilakukan dengan menentukan titik koordinat wilayah yang akan dipantau, hasilnya dapat dilihat pada layar laptop,” terang Fatir.

Kelebihan lain Hexacopter adalah lama terbang yang bisa mencapai hingga 1 jam di udara dengan daya baterai 2 x 15.000 Amphere dengan tonase sebesar 5 kg. Adapun kecepatan di udara dari 2 m/s sampai 5 m/s. Ketinggian maksimal hingga 150 meter.

“Hexacopter bisa terbang lebih tinggi lagi namun kita menyesuaikan dengan peraturan menteri perhubungan yang mengatur batas terbang maksimal pesawat tanpa awak hingga 150 meter,” jelas Fatir.(*)


BACA JUGA