Pelindo IV

Jepang & Korea Selatan Masuk Daftar Direct Call Pelabuhan Makassar

Selasa, 12 Januari 2016 | 18:26 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com– PT Pelabuhan Indosia IV Makassar menambah dua negara tujuan ekspor langsung (Dirrect Call) yaitu Jepang dan Korea Selatan tahun 2016 ini. Sebelumnya program yang merupakan rangkaian peningkatan ekspor tiga kali lipat ini sudah menyasar, Malaysia, Filipina, ‎dan Hongkong.

Untuk itu, Pelindo IV juga akan mengkoneksikan seluruh pelabuhan se Kawasan Timur Indonesia. Ini dilakukan agar seluruh ekspor dan impor melalui jalur laut di kawasan timur Indonesia bisa dengan mudah mengakses pasar luar negeri tanpa harus melalui Surabaya atau Jakarta.

pt-vale-indonesia

‎”Dengan dibukanya direct call ke beberapa negara, diharapkan bisa turut meningkatkan ekspor di KTI. Nantinya, akan dilaksanakan forum konsultasi untuk bertemu gubernur se KTI yang difasilitasi Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo selaku Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia atau APPSI. Kami akan melaporkan hal ini ke Kementerian Perhubungan dan BUMN,” kata Dirut PT Pelindo IV Makassar, Doso Agung usai bertemu Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Selasa (12/1).

Doso Agung menuturkan,‎ sebelum ada direct call, seluruh kargo ekspor melalui Surabaya dan Jakarta. Biayanya pun terbilang mahal. Sekarang, bisa menghemat biaya minimal 40 persen dan waktu pengiriman hingga 50 persen.

Halaman 2

“Sekarang, bagaimana mengkoneksikan seluruh pelabuhan di KTI. Kami ingin ada kerjasama agar seluruh pelabuhan terkoneksi dan kami akan lengkapi dengan sistem dan teknologi,” ujarnya.

‎Menurutnya direct call sudah ditunggu sejak 20 tahun lalu. Saat ini,‎ rata-rata ekspor 40 kontainer per minggu. Namun, bisnis butuh penyesuaian sehingga masih diperlukan sosialisasi ke pengusaha. (*)


BACA JUGA