#

Riset Unhas Tertinggi dari 8 Perguruan Tinggi di Indonesia

Selasa, 12 Januari 2016 | 16:35 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

 

Makassar,GoSulsel.com – Universitas Hasanuddin (Unhas) raih peringkat pertama kegiatan penelitian dan ilmiah di Indonesia. Hasil riset ini tertinggi dari 8 Perguruan Tinggi (PT) yakni, akni, IPB, UGM, UI, Unpad, dan Unhas, menyusul UNS, ITS, UB (Brawijaya), dan Undip.

‘’Kita berhasil naik peringkat satu tingkat, setelah ‘menggulinglan’ UNS yang berada di peringkat VI tahun sebelumnya,’’ ujar Prof.Dr.Ir.Sudirman, MP, Ketua Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Unhas, di Gedung Rektorat Unhas Kampus Tamalanrea, Selasa (12/1/2016).

Menurut mantan Dekan Fakultas Ilmu Kelautan Perikanan Unhas ini, Unhas satu-satunya perguruan tinggi negeri di luar Jawa yang memperoleh predikat ini. Dari 10 perguruan tinggi mandiri yang se-kategori, Unhas berada di peringkat ke-6. Predikat itu diraih oleh segelintir perguruan tinggi dari sekitar 4200 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.



Sudirman mengatakan, penilaian untuk memperoleh predikat ini berdasarkan kriteria antara lain sumber daya manusia, fasilitas laboratorium, jumlah publikasi internasional, nasional, dan lokal, forum ilmiah yang dilaksanakan (internasional, nasional, jumlah pembawa makalah dalam berbagai forum tersebut.

Halaman 2

“Juga berdasarkan jumlah Hak Intelektual Indonesia (HaKI) dan paten yang dimiliki,’’ ujar Sudirman, sambil menambahkan, jumlah kriteria ini yang dimiliki Unhas mencapai 47 buah, termasuk 5 di antaranya masuk kategori granted (merek).

‘’Jika kita mampu ‘menyalib’ Unpad, Unhas bisa meraih posisi ke-5,’’ kunci Sudirman sembari menambahkan bahwa kita masih perlu membuka banyak jalur untuk memasyarakatkan produk riset ini, antara lain di antaranya unit bisnis. Perguruan tinggi di Jawa memiliki keunggulan dalam hal unit bisnis ini. (*).

Citizen Reporter: Dahlan Abu Bakar – Humas Unhas


BACA JUGA