Pelindo IV

Direct Call Makassar, Terhubung 84 Pelabuhan di Indonesia Timur

Rabu, 13 Januari 2016 | 12:23 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.Com – Jalur tol laut yang digagas oleh Presiden Joko Widodo terus diupayakan oleh PT Pelindo, salah satunya dengan melakukan konetifitas seluruh pelabuhan se Kawasan Timur Indonesia (KT), yang berjumlah 84 buah. Langkah ini juga dilakukan untuk meningkatkan ekspor di KTI.

Direktur Utama PT Pelindo IV Makassar, Doso Agung, mengatakan pihaknya akan melakukan berbagai hal untuk menghubungkan seluruh pelabuhan yang ada, baik yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun Pelindo.

“Kendala yang kita hadapi untuk peningkatan ekspor adalah konektifitas 84 pelabuhan ini, karena itu kita akan melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah untuk melengkapi sistem dan teknologi yang ada di pelabuhan saat ini,” kata Doso saat ditemui di Kantor Gubernur Sulsel.

Untuk itu, pihaknya berharap kepada Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo yang juga sebagai Ketua APPSI untuk menggelar pertemuan dengan pemerintah daerah se kawasan timur. Sehingga pihaknya bisa menjelaskan sistem ekspor langsung yang sudah bisa dilakukan melalui Makassar, tanpa harus ke Surabaya dan Jakarta lagi.



Halaman 2

“Sebelum direct call seluruh kargo kita melewati Surabaya dan Jakarta. Saat ini dengan adanya direct call di Makassar kita bisa menghemat 40 persen dari biaya dan 50 persen dari waktu pengiriman, misalnya ke Jepang yang dulunya bisa 40 hari sekarang tinggal 12 hari,” jelas Doso.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, berjanji akan memfasilitasi konektifitas seluruh pelabuhan se KTI. Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut memang dibutuhkan campur tangan semua pihak, termasuk gubernur se KTI. “Saya akan bicarakan ini dengan gubernur se KTI,” kata Syahrul.(*)