Pelindo IV

Pemerintah Anggarkan Rp 1,3 T untuk Makassar New Port Tahun ini

Rabu, 13 Januari 2016 | 00:30 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com– Pengembangan proyek Makassar New Port (MNP) iatau pelabuhan baru di kota ini terus dikebut oleh PT Pelindo IV. Perkembangan pembangunan di tahun pertama kemarin sudah mencapai 10 persen. Jalan menuju proyek nasional ini telah rampung dan struktur dermaga untuk tiang pinggir pantai telah rampung.

“Tahun pertama sudah rampung 10 persen. Tahun ini kita siapkan dana Rp 1,3 triliun yang masih berasal dari pinjaman Bank Mandiri sebesar Rp 3 triliun. Tahun lalu, pembebasan lahan sudah kita lakukan, tinggal melakukan pembangunan tahap 1B untuk kawasan peti kemas dan dermaga 3 yang memiliki kedalaman 16 meter,” ungkap Direktur Utama Pelindo IV,┬áDoso Agung.

Sementara untuk pengoperasian MNP tahap IA ditargetkan bisa dimulai pada triwulan pertama 2018. Dari terminal itu, Pelindo IV bisa meraup sekitar Rp 320 miliar per tahun.

MNP dipersiapkan jadi simpul utama konsep Tol Laut. Pembangunan infrastruktur perhubungan laut secara simultan bakal memangkas biaya logistik serta konektiviitas antarpulau di tanah air.(*)