Ilustrasi

FKPT Sulsel Minta Kinerja Intelijen Ditingkatkan untuk Antisipasi Teror

Kamis, 14 Januari 2016 | 23:02 Wita - Editor: Muhammad Seilessy - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, GoSulsel.com– Peristiwa peledakan bom yang terjadi di kawasan Thamrin, Jakarta, Kamis (14/01/2016), membuat masyarakat merasa was-was, tak terkecuali di Sulawesi Selatan. Karena itu, kinerja aparat keamanan diminta ditingkatkan untuk melakukan antisipasi sejak dini.

Ketua Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulsel, Prof Dr M Arfin Hamid mengatakan, apa yang terjadi di Jakarta bisa saja terjadi di Makassar dan tempat lainnya. Terlebih lagi saat ini, katanya, pergerakan dan perencanaan kelompok teroris sangat sulit terdeteksi.

“Aksi teror bisa terjadi di mana dan kapan saja. Yang penting sekarang kita lakukan adalah bagaimana melakukan pencegahan. Salah satu yang memegang peranan penting adalah intelijen, baik itu yang ada di BIN, Polri maupun TNI, yang biasanya lebih awal mendeteksi hal tersebut,” kata Prof Arfin saat dikonfirmasi, Kamis (14/01/2016).

Pihaknya sangat mengutuk tindakan yang menewaskan 7 orang itu. Kepolisian diminta untuk segera mengungkap jaringan dan pelaku yang berada di balik pelaku teror di jantung ibukota itu. Karena jika berlarut-larut, bisa saja mengganggu aktivitas pemerintahan, perekonomian, dan lainnya.