Cakwe, Cakwe Udang, Jalan Sangir, Jalan Butung, Kuliner Tionghoa, Kuliner Makassar, Kuliner di Makassar, Kuliner
Cakwe udang yang telah di-pack di Ca kwe Udang Jl Butung. (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)

Resep Leluhur yang Langgeng pada Rasa Ca Kwe Udang Jl Butung di Jl Sangir

Minggu, 17 Januari 2016 | 12:44 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Iskandar Achmad - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Rasa yang tak berubah membuat Ca Kwe Jl Butung ini tetap didamba pelanggannya. Pasalnya, si empunya tetap menggunakan resep dari leluhurnya.

Warung Ca Kwe Udang ini sudah ada sejak 1992. Awalnya, warung ini berada di Jl Sangir namun belakangan berpindah tempat. Namun, itu tadi, resepnya tetap langgeng.

“Saya sudah lama menjual cakwe dari tahun 92 (1992). Pertama itu dari nenek saya menjual cakwe. Jadi saya ini sudah keturunan ketiga. Resep adonannya juga tetap masih sama, tidak ada diubah,” kata Mei Lan, pemilik usaha Ca Kwe Jl Butung, saat dijumpai GoSulsel.com, Sabtu (16/01/2016).

Yang bersetuju dengan rasa cakwe jualan Mei Lan ini bukan hanya para warga Makassar. Tapi juga mereka yang berasal dari luar kota ini.



“Kalau cakwe di sini itu sudah banyak yang pesan hotel-hotel di
Makassar. Sama biasa juga dipesan sama orang di Jakarta, Surabaya, Bali, banyak yang pesan. Karena kita juga siapkan yang setengah masak untuk dikirim di luar kota,” ungkap Mei Lin.

Halaman 2

Bahan pembuatan cakwe ala Mei Lan menggunakan adonan yang dibuat dengan resep leluhurnya. Sedangkan isinya, sama saja dengan isian cakwe udang pada umumnya. Ada udang, daun sop, dan wortel yang siap penuhi kebutuhan protein, vitamin, dan serat.

Mei Lan membanderol cakwe udangnya dengan harga relatif terjangkau, yakni Rp 6 ribu per biji. Anda bisa memesannya dalam keadaan setengah masak untuk jadi ole-ole atau beli yang telah matang untuk siap santap. Mei Lan akan melayani pesanan Anda sejak buka pukul 7 pagi sampai pukul 2 siang.

Berikut foto-fotonya:

Halaman 3

Cakwe, Cakwe Udang, Jalan Sangir, Jalan Butung, Kuliner Tionghoa, Kuliner Makassar, Kuliner di Makassar, Kuliner

 

Halaman 4

Cakwe, Cakwe Udang, Jalan Sangir, Jalan Butung, Kuliner Tionghoa, Kuliner Makassar, Kuliner di Makassar, Kuliner

 

Halaman 5

Cakwe, Cakwe Udang, Jalan Sangir, Jalan Butung, Kuliner Tionghoa, Kuliner Makassar, Kuliner di Makassar, Kuliner(*)


BACA JUGA