Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Kolonel Laut (P) Yusup, SE MM membuka kegiatan Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS bagi personel Lantamal VI.
#

DanLantamal VI Buka Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS bagi Personil Lantamal

Selasa, 19 Januari 2016 | 14:49 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Komandan Lantamal (Danlantamal) VI Kolonel Laut (P) Yusup, SE MM membuka kegiatan Pelatihan Peer Leader Penanggulangan HIV/AIDS bagi personel Lantamal VI. Kegiatan ini digelar di gedung Sultan Hasanuddin Mako Lantamal, Selasa (19/01/2016). Acara ini dihadiri oleh Wadan Lantamal VI Kolonel Marinir Bambang Suryo Aji, para Asisten Danlantamal VI, Kadis dan Kasatker Lantamal VI beserta seluruh Personel peserta pelatihan Peer Leader ini dan perwakilan komisi penaggulangan AIDS Provinsi Sulsel, Zulfikar. Dalam sambutannya, Danlantamal VI menyampaikan bahwa pelatihan ini adalah merupakan rangkaian dari pembentukan 2.000 peer leader penanggulangan HIV AIDS di lingkungan TNI serta mendukung program Komisi Penanggulangan AIDS Nasional (KPAN). Pelatihan ini juga adalah bagian dari upaya penanggulangan HIV-AIDS yang menggunakan pendekatan perubahan perilaku yang dilanjutkan dengan upaya penatalaksanaan penderita HIV-AIDS. Danlantamal VI berharap kepada para peserta, agar dapat mengikuti seluruh proses pelatihan ini dengan baik dan sungguh-sungguh, menyimak setiap topik yang disampaikan oleh para fasilitator, dan menggali setiap permasalahan yang ditemukan. Dengan demikian, setelah pelatihan ini para  peserta pelatihan sekalian akan bisa menyampaikan informasi berkaitan dengan HIV dan AIDS secara benar, dan yang paling penting bisa melakukan tindakan pencegahan terhadap penularan HIV mulai dari diri sendiri, pada satuannya masing-masing dan pada masyarakat secara umum.

Halaman 2

“Saya ingin menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pelatihan ini, khususnya Komisi Penanggulangan AIDS Nasional dan Komisi Penanggulangan AIDS Propinsi Sulawesi Selatan yang telah membantu memfasilitasi pelaksanaan kegiatan pelatihan ini” demikian penyampaian Danlantamal VI Mengakhiri amanatnya. Pada Saat ini, penyakit HIV/AIDS merupakan masalah yang sangat penting dan menjadi perhatian utama di Indonesia, hal ini karena jumlah kasus yang dilaporkan dari tahun ke tahun terus meningkat atau disebut dengan fenomena gunung es. Masalah HIV/AIDS bukanlah masalah kesehatan semata, karena mekanisme penularan HIV/AIDS ini sangatlah kompleks dan terutama berkaitan erat dengan aspek perilaku. Oleh karena itu, penyelenggaraan kegiatan penanggulangan HIV/AIDS harus dilaksanakan lebih mengedepankan upaya-upaya terjadinya perubahan perilaku.

Halaman 3

Adapun materi yang yang didapatkan para peserta selama pelatihan yang dilaksanakan mulai tanggal 19 s.d. 21 Januari 2016 ini yaitu, Kebijakan dan pengendalian HIV di Indonesia, Perr Leader dan Peer Leadership, Organ Reproduksi, Infeksi Menular Seksual, HIV/AIDS, Kondom, Perilaku Aman dan Beresiko, Panyalahguaan Alkohol dan NAPZA, Non Stigma dan Non Diskriminatif ODHA dan Rencana Aktivitas Lapangan. (*)

Citizen Reporter: Kapten Laut Suparman Sulo-Kadispen Lantamal VI



 

 


BACA JUGA