Mal Nipa Habiskan Dana Rp 700 M, Usung Konsep Green Building

Selasa, 19 Januari 2016 | 22:08 Wita - Editor: Nandar - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – PT. Kalla Inti Karsa dibawah naungan Kalla Group, membeberkan investasi untuk Mall baru yang sementara dalam pembangunan di jalan Panaikang, Makassar yakni Mall Nipa menyerap dana hingga Rp700 miliar.

Mall kedua yang akan dibangun setelah Mall Ratu Indah, rencananya akan beroperasi pada November tahun ini. Dengan mengusung konsep ‘green building’ yang terinspirasi dari Paris Van Java di Jakarta dan Beach Walk di Bali. Mall ini akan menjadi salah satu landmark yang dihadirkan untuk menuju kota dunia.

“Kontruksinya sudah berjalan 30 persen, semoga tahun ini makin baik, karena pemerintah fokus pada infrastruktur dan kami punya properti ini optimis. Untuk masalah ekonomi yang turun, kami anggap hal seperti ini adalah momentum baik untuk berinvestasi,” Kata Direktur Umum PT Kalla Inti Karsa, Subhan Jaya, di Wisma Kalla, selasa (19/01/2016).

Ekonomi sederhana teorinya, properti selalu mengikuti pertumbuhan ekonomi, karena itu yang memicu pertumbuhan. Properti otomotif. Apalagi pro karena punya multiplayer efek. Konstruksi dan tenaga kerja yang diserap, jadi jika itu terganggu bisa bahaya. Dari tiga properti yang dimiliki masing-masing Mall Ratu Indah, Wisma Kalla, dan juga sahid, serta Mall Nipa, nantinya berharap akan mengubah pandangan masyarakat bahwa Mall itu tidak selamanya memiliki ruang ber-AC.



Halaman 2

Desain pohon Nipa akan ditonjolkan pada bangunan yang luasnya 3,2 hektar tersebut. Ruang hijau yang disediakan pun khusus interaksi sosial.

“Intinya pada lahan bagian depan akan penuh dengan pepohonan, ruangannya juga tidak akan menggunakan AC, karena kami memanfaatkan kerindangan pohon untuk memberikan kesejukan,” lanjut Subhan Jaya.

Dengan 40 persen ruang terbuka hijau dan public area yang tidak menggunakan AC. Mall ini pula sudah menyiapkan 100 tenant yang tidak jauh beda dari tenant-tenant yang berada di MaRI. Sementara itu, Marketing and Promotion Manager Kalla peroperty, Rasmila Sari Suaib menambahkan green building tersebut mengarah pada tata kelolah yang lebih hemat dan ramah lingkungan.

“Penggunaan energinya tidak akan banyak, karena kami memanfaatkan alam sebagai ruang dingin untuk pengunjung yang datang nantinya,” ujar Rasmila Sari Suaib.

Halaman 3

Diakui, perusahaan ini akan fokus pada properti seperti mall. Dan pihaknya berharap lima tahun kedepan akan ada dua mall di luar Sulsel yang akan dikembangkan.

“Seperti Palu, Kendari, dan Kalimantan Timur. Kami baru sementara melihat prospeknya,” lanjut Rasmila Sari Suaib.

Mall yang menjadi pusat perdagangan dalam kontes modern akan terus dikembangkan oleh PT Kalla Inti Karsa, sebab sejahteranya daerah dilihat dari kemajuan propertinya.