PLN

Pemadaman Llistrik Terjadi Akibat Hujan & Angin Kencang

Selasa, 19 Januari 2016 | 19:48 Wita - Editor: Nandar - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Pemadaman listrik yang terjadi secara serentak di Sulawesi Selatan khususnya kota Makassar, sontak membuat masyarakat kelimpungan. Kejadian yang terjadi diikuti oleh hujan deras dan mengakibatkan beberapa fasilitas umum tidak berfungsi dengan baik, salah satunya lampu lalu lintas yang tiba-tiba kehilangan kendali, sehingga membuat pengendara tidak berjalan sesuai rambu.

General Manager PLN Wilayah Sulselbar, John H. Tonaja mengungkapkan pukul 14:13 Wita terjadi gangguan transmisi pada sistem Sulselbar mengakibatkan terjadinya Black Out (padam meluas).

“Gangguan tersebut terjadi secara bersamaan dengan hujan dan angin kencang disertai petir yang begitu keras sehingga menyebabkan lepasnya beban sebesar 746 MW,” ucap John H. Tonaja ketika dikonfirmasi via selular, Selasa (19/01/2016).

Dari indikasi yang telah ada, pihaknya menduga gangguan berada di section transmisi 150 kV antara ruas Tallasa-Sungguminas line 1 dan 2 menyebabkan Black Out, yang diperkirakan akibat petir dan sampai saat ini masih dilakukan pemeriksaan fisik penyebab gangguan.



Humas PLN Wilayah Sulselrabar, Rosita Zulkarnaen menambahkan petugas PLN bekerja keras untuk menormalkan kembali sistem interkoneksi Sulselbar. Pukul 15:30 Wita pemulihan sistem telah dilakukan secara bertahap.

Halaman 2

“Sebagian pelanggan juga telah menyala, meliputi daerah Pinrang, Parepare, Enrekang, dan sebagian kota Makassar,” terang Rosita pada kesempatan yang sama.

Pihaknya mengakui, aliran listrik diperkirakan akan normal pada pukul 22:00 Wita. Rosita Zulkarnaen juga meminta maaf atas kejadian yang terjadi.

“Atas kejadian tersebut pula, kami mengucapkan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini, dan atas kesabaran pelanggan kami sangat berterimakasih,” tutup Rosita Zulkarnaen.


BACA JUGA