Ilustrasi

BI: Kenaikan Harga Beras & Ikan Dorong Inflasi di Sulsel 2016

Rabu, 20 Januari 2016 | 19:38 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Sutriani Nina - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Manajemen Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, ada 2 faktor mendoronga inflasi di Sulsel Januari 2016 yakni kenaikan beras dan ikan. Hal itu berdasarkan pada hasil survei indeks harga konsumen (IHK).

“Masih pada kelompok makanan, terutama beras dan ikan yang mengakibatkan inflasi. Ini memang agak unik, semacam ada anomali kondisi di Sulsel,” kata Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI, Causa Iman Carana ketika di konfirmasi via seluler, Rabu (20/1/2016).

Ia mengatakan, ada anomali karena Sulsel merupakan lumbung beras dan penghasil ikan. “Tetapi justru dua komoditi tadi yang menjadi penyumbang inflasi cukup persisten dan dominan,” ucapnya.



Sementara pakar ekonomi, Marsuki DEA menyatakan, sepintas memang anomali, tetapi faktanya demikian. Ini dimungkinkan bahwa meskipun Sulsel dikenal sebagai lumbung beras dan ikan nasional, seakan harganya dapat stabil atau rendah karena supply yang dianggap berlebih.

Halaman 2

“Secara logika teori seperti itu, tapi realitasnya berbeda, berarti ada sebabnya yang perlu diamati,” ujar Marsuki.

Ia mengungkapkan, harga bukan hanya ditentukan oleh jumlah barang, tetapi ada faktor lainnya yang ternyata di Sulsel sangat dominan. Diantaranya, harga ditentukan bukan oleh pasar persaingan tetapi penguasa pasar, yaitu pihak yang menguasai distribusi komoditas tersebut, terutama beras.(*)


BACA JUGA