Pemulung yang tetap mengais barang-barang bekas di hamparan tandus TPA Antang. Walikota Parepare, optimalkan penanganan sampah di Bandar Madani.
#

Deng Ical: Pembenahan TPA Tamangapa Terus Dilakukan

Rabu, 20 Januari 2016 | 17:35 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Citizen Reporter

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – Pembenahan terkait TPA Tamangapa Antang terus dilakukan, mulai dari pengadaan armada hingga jalur jalan kendaraan ke TPA. Hal ini diungkapkan Wakil Walikota Makassar, DR Syamsu Rizal MI, di ruang kerjanya kepada rekan-rekan media, sekaligus memaparkan bagaimana perencanaan pembenahan TPA dengan Controlled Landfill, dan kedepan diupayakan dapat meningkat dengan menggunakan sanitary landfill system. “Beberapa hari yang lalu, terjadi kemacetan di depan TPA, dikarenakan belum maksimal dari segi drainase, dan juga jalur bagi armada, dan saat ini tengah dilakukan pembenahan, sehingga armada yang masuk dan keluar hanya menggunakan satu jalur, demi mengurangi kemacetan,” ujar deng ical. Demikian pula dengan penambahan alat berat dalam TPA yang digunakan untuk mengelolah sampah, seperti buldoser dan ekskavator dilakukan penambahan dengan melibatkan beberapa pihak dan perusahaan. Bersama rekan-rekan media, deng ical juga memaparkan rencana pengelolaan TPA kedepannya, “Saat ini telah digunakan system control landfill, system ini dapat lebih efektif menanggulangi masalah yang diakibatkan oleh timbunan sampah di TPA jika dibanding dengan open dumping, namun akan ditingkatkan ke system sanitary landfill,” tutur deng ical sambil menunjukkan gambar perencanaan TPA Tamangapa melalui notebook miliknya.

Halaman 2

Beberapa hal yang masih harus dilakukan saat ini yakni, terkait penanganan air lindi atau air limbah sampah, yang dihasilkan harus tertangani dengan baik, demikian pula dengan gas metana, agar dapat dikelolah dengan baik. “gas metana dapat dijadikan sebagai sumber bahan bakar jika tertangani dengan baik, namun jika tidak terkelola dengan baik dapat membahayakan, salah satunya dapat mengakibatkan kebakaran,” tambah deng ical.(*)


BACA JUGA