Otak-Otak Ibu Meitje di Jl Urip Sumoharjo. (Foto: Iskandar Achmad/GoSulsel.com)

Otak-otak Ibu Meitje di Urip, Sudah Jadi Pilihan Lidah Turis Asing

Rabu, 20 Januari 2016 | 17:25 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Iskandar Achmad - GoSulsel.com

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Otak-otak sudah cukup akrab di lidah orang-orang Makassar. Namun, ternyata cemilan berbahan daging ikan tenggiri ini sudah jadi pilihan cemilan turis dari luar negara. Seperti yang terjadi di Warung Otak-Otak Ibu Meitje yang telah menginjak usia seperlima abad.

“Kita jual otak-otak di sini sudah kurang lebih 20 tahunan. Otak-otak di sini kalau mau dibilang terkenal, yah terkenal. Karena pembelinya bukan cuma orang Indonesia tapi juga turis dari luar negeri yang datang beli di sini,” ungkap Ibu Meitje selaku pemilik warung yang disambangi GoSulsel.com, Rabu (20/01/2016).

Seperti otak-otak yang lain, jualan Ibu Meitje pun cukup kenyal ketika dikunyah. Dan sambalnya pun memakai sambal petis. Namun, ia mengaku, punya rahasia dalam bumbunya.

“Kenapa otak-otak di sini itu kenyal? Karena kita pake untuk bahan pembuatannya itu ikan tenggiri sama sedikit pake kanji. Terus dicampur dengan bumbu resep rahasia yang kita olah sendiri. Sedangkan untuk sambel petisnya itu menggunakan udang yang diolah sendiri dengan rempah yang lain,” lanjutnya.



Memang, Otak-Otak Ibu Meitje ini diproduksi sendiri yang di Jl Gunung Merapi yang merupakan pusatnya.

Halaman 2

“Untuk pembuatannya kita buat sendiri, jadi kita ada pabrik rumahan untuk pembuatan otak-otak dan sambel petisnya,” lanjut Meitje.

Tapi bila ingin tahu bagaimana rasa yang ditimbulkan oleh bumbu rahasianya sedangkan Anda ada di daerah Panaikang dan sekitarnya, cukup datang ke cabangnya saja. Satu-satunya cabang usaha ini ada di Jl Urip Sumoharjo (depan kantor Gubernur). Di sini, Anda bisa menikmati kegurihan otak-otak ala Ibu Meitje dari pukul 8 pagi hingga pukul 10 malam.

Ibu Meitje melabeli otak-otaknya dengan harga Rp 5 ribu per biji. Ada juga per paketnya, mulai dari isi 50 biji sampai 100 biji yang dihargai Rp 50 ribu sampai Rp 500 ribu.

Berikut foto-fotonya:

Halaman 3

Otak-Otak, Sambal Petis, Kuliner, Kuliner di Makassar, Kuliner Makassar, Jalan Gunung Merapi, Jalan Urip Sumoharjo  

Halaman 4

Otak-Otak, Sambal Petis, Kuliner, Kuliner di Makassar, Kuliner Makassar, Jalan Gunung Merapi, Jalan Urip Sumoharjo  

Halaman 5

Otak-Otak, Sambal Petis, Kuliner, Kuliner di Makassar, Kuliner Makassar, Jalan Gunung Merapi, Jalan Urip Sumoharjo (*)


BACA JUGA