Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

OJK – Pemprov Sulsel Dorong Percepatan Akses Keuangan Daerah

Jumat, 22 Januari 2016 | 18:39 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel berupaya mendorong percepatan akses keuangan di daerah. Ini  merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden RI Joko Widodo saat rapat bersama OJK pada 15 Januari 2016.

Kepala Regional OJK Wilayah VI Sulawesi, Maluku, dan Papua, Bambang Kiswono, mengatakan, OJK bersama Pemprov Sulsel akan menandatangani MoU untuk membentuk tim percepatan akses keuangan daerah.  Program-program Pemprov bisa diselaraskan dengan program di OJK, agar terjadi pemerataan pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Kami ingin agar akses keuangan di daerah bisa lebih cepat dicapai masyarakat. Masyarakat lebih mudah mengakses ke bank dan industri non bank lainnya, baik untuk menabung atau mendapatkan pembiayaan perkreditan. OJK dan Pemprov akan melibatkan perbankan dan lembaga non bank lainnya, dan semua yang berkepentingan,” kata Bambang, usai bertemu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Jumat (22/1/2016).

Ia mengungkapkan, OJK menginginkan agar masyarakat di daerah yang selama ini belum mengenal bank, bisa lebih banyak bertransaksi di bank. Untuk memudahkan hal itu, maka ditunjuk agen Lakupandai di pelosok-pelosok.



“Sekarang ada 1.100 agen dan ini akan kami tingkatkan. Kami harap, industri jasa keuangan ikut berperan dalam perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Halaman 2

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, OJK datang untuk melaporkan seperti apa pelayanan lembaga keuangan di Sulsel, khususnya perbankan dan non bank. Melihat performance selama satu tahun di Sulsel, seluruh perbankan dan non perbankan tumbuh positif dan tidak ada pertumbuhan di bawah rata-rata nasional.

“Artinya, akselerasi ekonomi kita di Sulsel yang menggunakan jasa lembaga perbankan, peningkatannya sangat signifikan. Datanya tersaji dengan baik. OJK juga optimistis denggan performance 2016 ini apabila dijaga baik, maka akslereasinya akan lebih meningkat lagi dibandingkan apa yang dicapai 2015,” terang Syahrul.(*)


BACA JUGA