Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Pemprov Minta Pemenang Pilkada & KPU Lengkapi Berkas

Jumat, 22 Januari 2016 | 18:16 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel melalui Kepala Biro Pemerintahan Daerah, Andi Baso Pangerang, meminta pemerintah kabupaten pelaksana pilkada serentak segera memasukkan berkas hasil pelaksanaan pilkada. Termasuk kelengkapan administrasi dari bupati dan wakil bupati terpilih, dari 11 kabupaten.

Ini dilakukan agar berkas pengusulan penerbitan surat keputusan bisa secepatnya dikirimkan pada Kementerian Dalam Negeri. Terlebih lagi, dari 11 kabupaten yang menggelar Pilkada 9 Desember lalu telah rampung semua, usai MK menolak semua gugatan yang masuk.

“Jadi segerakan saja semua berkas masuk sesuai prosesnya dari KPU, DPRD Kabupaten, pemerintah kabupaten, kemudian ke pemprov agar disegerakan diserahkan ke kementerian,” ujarnya saat ditemui di kantor Guberur Sulsel, Jum’at 22 Januari.

Setelah berkas tersebut diterima dan dibawa ke Jakarta, maka SK penetapannya akan segera keluar, dan tinggal menunggu waktu pelantikan, karena jabatan kepala daerah berlaku sejak pelantikan bukan sejak terbitnya SK.



Ia juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan rapat di Kemendagri, dan dari rapat tersebut diketahui belum ada jadwal pasti waktu pelantikan kepala daerah terpilih. “Kalau beredar ada yang bilang Februari, Maret, itu belum jelas karena kita tunggu perubahan perpres, tapi konsepnya sudah masuk ke presiden, ada yang Maret, ada yang Juni,” lanjutnya.

Halaman 2

Namun apakah nantinya pelantikan seluruh kepala daerah terpilih akan dilakukan bersamaan atau tidak, pihaknya masih menunggu perpres yang akan diterbitkan. Mengenai lokasi pelantikan kepala daerah tersebut, ia mengatakan sesuai dengan aturan yang berlaku, pelaksanaan pelantikan bupati/walikota dilakukan di ibukota provinsi, dan untuk Sulsel berarti dilaksanakan di Makassar. (*)


BACA JUGA