Musim Hujan, Pengendara Motor di Makassar

Puncak Musim Hujan, BMKG Ingatkan Potensi Banjir & Longsor

Jumat, 22 Januari 2016 | 15:59 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mulai mengeluarkan peringatan ancaman banjir di Sulawesi Selatan. Ini dilakukan karena puncak musim hujan sudah mulai masuk dari mulai Januari sampai Maret.

Prakirawan dari BMKG Wilayah IV Makassar, Sujarwo, mengatakan, hujan saat ini sudah masuk kategori hujan lebat dengan berintentitas tinggi. Bahkan, hujan yang sudah mengguyur hampir di 24 kabupaten/kota bisa terjadi selama berhari-hari.

“Ini termasuk tipe hujan lebat yang bisa terjadi seharian penuh, termasuk di Makassar. Kemungkinan sampai hari Minggu. Kalau ancaman banjirnya sudah tentu ada, termasuk ancaman lainnya seperti tanah longsor dan ini sudah kita ingatkan ke pemerintah daerah,” kata Sujarwo, saat dihubungi, Jumat (22/01/2016).

Berdasarkan data yang dirilis BMKG melalui website resminya (www.bmkg.go.id), seluruh daerah di Sulsel terdeteksi akan diguyur hujan, dengan intensitas sangat lebat. Dengan kecepatan angin rata-rata 25 km/jam, kelembapan berkisar 65-98% dan suhu udara 21-32 derajat celcius.



Halaman 2

Adapun daerah yang memiliki potensi banjir antara lain pesisir Luwu Utara, Luwu, Bone, dan Pinrang, serta daerah sekitar Danau Tempe di Wajo. Khusus Makassar, yang terjadi adalah genangan air akibat tak tertatanya saluran irigasi dengan baik.

Untuk mengantisipasi adanya bencana banjir yang bisa membahayakan, pemerintah melalui Badan SAR Nasional dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah telah melakukan berbagai persiapan.(*)


BACA JUGA