Logo Pemkot Makassar

Pajak Hotel Menurun, Dewan Minta Pemkot Makassar Bentuk Satgas Pajak

Selasa, 26 Januari 2016 | 17:56 Wita - Editor: Baharuddin - Reporter: Syafruddin - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar,GoSulsel.com – DPRD Kota Makassar meminta kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar segera membentuk Satuan Gabungan (Satgas) pajak. Pasalnya, Dinas Pendapatan daerah (Dispenda) Kota Makassar terkesan ragu menindak pihak hotel yang tidak taat pajak.

“Hasil rapat monitoring evaluasi pajak, realisasi pajak Dispenda 2015 menurun dari target,” kata anggota Komisi B bidang Ekonomi dan Keuangan, Basdir, ketika ditemui, Selasa (26/1/2016).

Ia mengungkapkan, ,bukan cuma pajak hotel yang mengalami penurunan,akan tetapi hampir semua sektor,mulai pajak hiburan,reklame, parkir, penerangan jalan belum mampu mencapai realisasi target pendapatan seperti yang ditargetkan.

“Ini terjadi karena Dispenda sebagai leading sektor yang menangani pendapatan¬† pajak tidak mampu melakukan tindakan tegas terhadap pelaku hotel yang sengaja melakukan tindakan penggelapan pajak,” tuturnya.



Menurutnya, Pemkot Makassar harus bertindak tegas dengan membentuk Satgas yang terdiri dari Satpol PP, Kepolisian,Kejaksaan dan Dispenda yang diberi wewenang melakukan penindakan.

Halaman 2

“Sebab penggelapan pajak merupakan tindakan pidana yang seharusnya ditangani langsung oleh kepolisian dan kejaksaan,” ucapnya.

Kepala Bidang Hotel dan Hiburan Dispenda Kota Makassar, Sudirman mengatakan, penyebab terjadinya penurunan realisasi pendapatan pajak dikarenakan tingkat kepatuhan wajib pajak yang tidak tepat waktu melakukan pembayaran pajak.

“Penurunan ini disebabkan karena ada beberpa faktor termasuk pengaruh ekonomi secara global sehingga capaian target pendapatan pajak hotel hanya berkisar 61 persen,”tandasnya. (*)