Wali Kota Makassar, Danny Pomanto (berbaju putih),

Danny Pomanto: Kalau Sudah TPA Bintang 5, Sapi Sudah Tidak Ada

Kamis, 28 Januari 2016 | 19:48 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Evi Novitasari - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Ratusan ekor sapi yang sehari-hari mencari makan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang jadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar. Hal ini tentu membahayakan bagi kesehatan siapa saja yang mengonsumsi daging sapi itu. Sebab, sapi-sapi itu akan memakan segala jenis sampah, plastik, kertas dan jenis sampah yang lain.

Terkait hal ini, saat diklarifikasi, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, mengaku, program pembenahan TPA Antang menuju TPA bintang 5 akan direalisasikan Maret mendatang. Jika itu terlaksana, maka hewan ternak dijamin tidak akan berkeliaran di TPA Antang.

“Kalau sudah TPA Bintang 5, sudah tidak ada sapi di situ. Karena kota akan pagari semua keliling, insya Allah cukup anggaran kita,” ujar Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, saat jadi narasumber di kegiatan rutin Humas Pemkot Makasaar, di Country Coffee Resto, Kamis (28/01/2016).

Selain itu, menurut Danny, ke depannya untuk mengatasi sapi-sapi, pihaknya akan membangun Rumah Pemotongan Hewan (RPH).



“Kita buat RPH dekat situ,” katanya.

Halaman 2

Selain itu, ia mengaku telah meminta pihak Pengurus Daerah (PD) Pasar untuk menyediakan container khusus sampah pasar jenis sayur-sayuran untuk makanan sapi-sapi.

“Saya minta juga dengan Dirut PD Pasar, bahwa sampah pasar perlu kita buka satu container khusus untuk sampah-sampah sayuran yang bisa dimakan sampah. Saya sudah siapkan satu blok untuk sampah sayuran yang bisa dimakan sapi. Tidak lagi seperti sekarang, campur-campur semua, kertas, plastik,” katanya.(*)


BACA JUGA