Disperindag Gowa, Biaya Pembangunan Pasar Sungguminasa, Pasar Sungguminasa
Muhammad Rais. (Foto: Sofyan/GoSulsel.com)

Pembangunan Pasar Sentral Sungguminasa akan Mulai April 2016

Kamis, 28 Januari 2016 | 20:08 Wita - Editor: Nilam Indahsari - Reporter: Sofyan - GoSulsel.com

Halaman 1

Sungguminasa, GoSulsel.com – Pemerintah Kabupaten Gowa, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) rencananya akan memulai pembangunan Pasar Sentral Sungguminasa, April atau paling lambat Mei mendatang. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Bidang Perdagangan (Kabid) Disperindag Gowa, Muhammad Rais, di ruang kerjanya, Kamis (28/01/2016) siang.

“Rencananya pembangunan Pasar Sentral Sunggumimasa akan kita mulai
pada bulan April atau bulan Mei yang akan datang. Karena dana sebesar 10
miliar untuk pembangunan pasar sudah disiapkan pemerintah pusat,” terang Rais.

Ia juga mengatakan, kalau pembagunan Pasar Sentral Sungguminasa akan dilakukan melalui 2 tahap pembangunan. Pasalnya, dana 10 miliar itu hanya dapat membangun 420 kios/lods saja. Sedangkan jumlah kios dan lods yang harus dibangun di pasar berjumlah 832. Olehnya itu, sisa pembangunan kios akan dilakukan pada tahap kedua.

“Pembangunan Pasar Sentral Sungguminasa akan kita bangun dengan 2 tahap, karena dengan dana 10 miliar hanya dapat membangun 420 kios atau sebagian kios pedagang saja,” kalkulasinya.



Rais juga menjelaskan, untuk dana yang perlu disiapkan untuk membangun
Pasar Sentral Sungguminasa diperlukan 20 sampai 25 miliar. Dengan dana sebesar itu, sudah termasuk dengan pembangunan lahan parkir pada Pasar Sentral Sungguminasa.

Halaman 2

“Rencananya, nanti pada tanggal 4 Februari ini kita akan berangkat ke Jakarta
(Kementerian Perdagangan) untuk membahas persiapan pembangunan Pasar Sentral Sungguminasa. Dan saat ini kita telah memegang Kopian Dipa dan Logistik dari Kementerian Perdagangan,” beber Rais.

Saat ini, dari Disperindag Gowa tengah mempersiapkan proses awal pembangunan Pasar Sentral Sungguminasa. Pihaknya juga akan mempersiapkan proses pelelangan perencanaan pembangunan pasar, setelah tiba dari Jakarta nanti.(*)