Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo,dok/gomedianews
#

SYL Dinilai Kapabel Pimpin & Selamatkan Golkar

Kamis, 28 Januari 2016 | 17:17 Wita - Editor: gun mashar - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Halaman 1

Makassar, GoSulsel.com – Dukungan untuk Syahrul Yasin Limpo maju menjadi calon ketua umum Partai Golongan Karya (Golkar) dianggap beberapa kalangan adalah hal yang wajar. Musababnya, Ketua DPD Golkar Sulsel ini sangat kapabel untuk menyatukan dan meyelamatkan konflik yang ada di partai beringin ini.

“Pak Syahrul merupakan sosok yang sangat tepat dan punya kapabilitas untuk memimpin Golkar. Dari semua persyaratan, beliau punya, mulai dari pengalaman birokrasi, politik, legitimasi DPD dan usia masih cukup muda,” kata pengamat politik, Adi Suryadi Culla ketika dihubungi GoSulsel.com via telepon, Kamis (28/01/2016).

Khusus pengalaman birokrasi yang dimiliki SYL, mulai karier sebagai lurah, camat, bupati, wakil gubernur dan gubernur telah dilaluinya. Menurut Adi Suryadi, ini merupaka salah satu keunggulan SYL, terlebih lagi Golkar identik dengan partai pemerintahan.

Hal lainnya, kepemimpinan SYL tak bisa diragukan lagi, terbukti selama menjabat sebagai Gubernur Sulsel, ratusan penghargaan nasioanl diperolehnya. Sementara di Golkar, konflik yang terjadi di DPP tak berimbas di DPD Sulsel, berkat tangan dingin dari mantan bupati Gowa ini.



Halaman 2

“Kepemimpinan beliau sudah diakui secara nasional, misalnya di APPSI yang sudah dua periode di jabatnya, ini berarti semua Gubernur segang terhadap beliau. SYL dikenal sebagai tokoh yang sangat diperhitungkan di kancah politik nasional,” tambah dosen Unhas ini.

Karena itu, Adi Suryadi Culla sangat mendukung adanya upaya beberapa tokoh Golkar untuk mendorong SYL menjadi ketua umum. Yang perlu dilakukan saat ini, adalah menggalang kekuatan dari DPD yang ada. Terlebih lagi, beberapa calon lainnya, masih dianggap memiliki hubungan dengan dua kubu yang saat ini bertikai ditingkat DPP.

“Kalau mau maju maka modal utama dari SYL adalah dukungan dari DPD setiap provinsi dan kabupaten/kota. Ini bisa menjadi momentum politik yang sangat baik untuk pak Syahrul,” terangnya.(*)


BACA JUGA