Abidzar, Dinas PU Gowa, Sedimen di Trotoar Gowa
Tampak Kasi Kebersihan Jalan dan Lingkungan bersama petugas kebersihan mengangkut sampah juga endapan tanah dan pasir di Jl Masid Raya, Sabtu (30/01/2016). (Foto: Sofyan/GoCakrawala)

Jaga Estetika Kota, Dinas PU Gowa Angkut Sedimen di Sepanjang Trotoar

Sabtu, 30 Januari 2016 | 12:38 Wita - Editor: Nilam Indahsari -

Halaman 1

Sungguminasa, GoSulsel.com – Guna menjaga keindahan dan kebersihan kota, Bidang Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Gowa aktif membersihkan trotoar di beberapa ruas jalan di kota ini. Kegiatan yang dilakukan secara berkala ini berupa pengangkutan sedimen atau endapan tanah dan pasir yang ada di sepanjang trotoar jalan.

“Kegiatan bersih-bersih ini kita lakukan secara berkala. Tujuannya, bagaimana menjaga estetika kota agar selalu nampak indah dan bersih,” kata Kepala Seksi (Kasi) Kebersihan Jalan dan Lingkungan, Dinas PU Kabupaten Gowa, Abidzar, yang dijumpai saat membersihkan trotoar di Jl Masjid Raya, Sabtu (30/01/2016) pagi.

Kegiatan seperti ini, kata dia, selalu ia lakukan secara berkala, dengan aktif memantau tiap saat situasi dan kondisi sepanjang jalan di wilayah kota ini. Dan jika ia menemukan adanya tumpukan atau endapan kotoran, ia langsung membersihkannya.

Selain mengakut sampah dan endapan tanah, Bidang Kebersihan juga melakukan perawatan dan pemeliharaan. Caranya, dengan melakukan pengecatan dan pengerukan trotoar dan pembatas jalan di tiap sudut kota.



Halaman 2

Abidzar mengatakan, saat ini ada 215 petugas lapangan yang ada di Bidang Kebersihan yang senantiasa menjaga estetika kota agar selalu tampak bersih dan nyaman. Petugas kebersihan itu meliputi tukang pembersih taman, buruh pengangkut sampah, penyapu jalan, pembersih drainase, dan sopir kendaraan pengangkut sampah.

Untuk menjaga keindahan kota agar tak tampak kotor pada siang hari, Abidzar mengimbau seluruh masyarakat Gowa agar mau disiplin dalam soal sampah. Bila ingin membuang sampah, sebaiknya dilakukan mulai pukul 17.00 Wita sampai pukul 06.00 Wita, agar proses pengangkutan oleh Bidang Kebersihan lebih baik dan tak ada lagi sampah-sampah yang terlihat di jalan pada siang hari.(*)