Ilustrasi

Tanggul Sungai Masamba Jebol, 5 Kecamatan di Luwu Utara Tergenang

Senin, 29 Februari 2016 | 21:15 Wita - Editor: gun mashar - Kontributor: Hidayat Ibrahim - GoSulsel.com

Masamba, GoSulsel.com – Hujan deras yang terus mengguyur Kabupaten Luwu Utara, beberapa hari terakhir menimbulkan sejumlah bencana. Tidak hanya banjir, tapi juga membuat tanggul Sungai Masamba jebol. Buntutnya, ribuan hektar sawah petani yang tersebar di 5 kecamatan dipastikan merugi.

Akibat jebolnya tanggul itu, arus lalulintas warga juga terputus akibat banjir yang ketinggiannya mencapai satu meter. Bahkan, ratusan rumah warga ikut tergenang. Musibah tersebut membuat jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, harus bekerja ekstra guna mencegah jatuhnya korban jiwa.

“Bantuan tidak hanya dari BPBD, tapi juga TNI dan Polri yang turun membantu kami untuk melakukan evakuasi,” ujar Andi Idrus, warga Desa Pattalandung. Salah satu desa yang terendam banjir hingga ketinggian satu meter.

Data BPBD Luwu Utara menyebutkan, 5 kecamatan yang terendam itu yakni Kecamatan Baebunta, Malangke Barat, Malangke, Mappedeceng, dan Sukamaju.

“Kami juga sudah membagikan sembako serta peralatan tidur dan mandi sejak tadi siang,” tutur Syahrul, Koordinator Lapangan Reaksi Cepata BPBD Luwu Utara. (*)


BACA JUGA