Logo Pemprov Sulsel
Logo Pemprov Sulsel

Pelimpahan SMA ke Pemprov di Sulsel Untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

Senin, 28 Maret 2016 | 16:26 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com -Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Selatan Abdul Halim Muharram mengatakan proses pelimpahan kewenangan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat ke provinsi, merupakan salah satu upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

“Saya kira program pendidikan gratis tak mengalami masalah, sebab proses koordinasi akan lebih cepat dan mudah. Toh, ini hanya pembagian tugas, pendidikan dasar mulai dari SD-SMP tetap menjadi tugas dari pemerintah kabupaten/kota,” kata Abdul Halim Muharram, usai menemui Gubernur Sulsel, Senin (28/3/2016).

Karena itu, pihaknya meminta pelimpahan ini tak ditanggapi berlebihan, utamanya pemkab/pemkot. Dalam waktu dekat, bersama dinas pendidikan Sulsel, LPMP akan memanggil seluruh stokholder untuk membahas masalah tersebut.

Sebagai pejabat baru yang menggantikan Prof Wasir Thalib, dirinya akan bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk pengembangan mutu pendidikan.



“Setiap kabupaten/kota akan ada sekolah model, kita minta saran dari akademisi dan prasarana. Sudah ada 348 sekolah untuk tahun ini mulai dari tingkat SD, SMP sampai SMA,” tambahnya.

LPMP Sulsel juga akan melakukan penilaian terhadap sekolah dengan delapan standar nasional pendidikan, yang merupakan kriteria minimal tentang sistem pendidikan di Indonesia. Delapan standar itu adalah kompetensi lulusan, isi, proses,  pendidikan dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan pendidikan dan penilaian pendidikan.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, mutu pendidikan sangat menentukan kualitas sebuah daerah. Sehingga, ia berharap LPMP menjalankan tugasnya dengan baik dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sulsel.

“Kualitas pendidikan kita ada di LPMP. Jadi, memang harus sejalan antara program Pemprov dengan LPMP Sulsel. Saya minta, pak Halim ikut membantu provinsi terutama dalam hal peningkatan mutu pendidikan saat proses pelimpahan SMA,” pungkasnya.(*)


BACA JUGA