Ilustrasi

Legislator Ungkap Penyebab BPJS Kesehatan Rugi di Sulsel

Selasa, 29 Maret 2016 | 20:04 Wita - Editor: Syamsuddin - Reporter: Nasruddin - Go Cakrawala

Makassar, Gosulsel.com – Sekretaris Komisi E membidangi Kesehatan DPRD Sulsel, Marjono menpertanyakan banyak peserta BPJS yang ditanggung oleh negara. Sementara, pengguna BPJS mandiri atau tergolong mampu sebanyak 457 ribu orang.

Hal itu tidak sebanding dengan pengguna BPJS yang ditanggung oleh pemerintah pusat maupun daerah 5,3 juta orang dari 7 juta penduduk di Sulsel.

“Jangan sampai yang masuk tanggungan pemerintah itu penjual emas, sehingga sangat tidak elok jika yang mampu ditanggung oleh pemerintah,” ujar Politisi Gerinda ini, saat dengar pendapat dengan jajaran BPJS Region Sulsel di Komisi E DPRD Sulsel, Selasa (29/3/2016).

Menurut dia, kurangnya peserta BPJS mandiri dikarenakan pihak BPJS Region Sulsel kurang melakukan sosialisasi, sehingga peserta yang ditanggung pemerintah, sebagian didalamnya tergolong mampu atau mandiri. “Makanya BPJS banyak mengeluarkan anggaran, sehingga BPJS merugi,” tuturnya.



Kepala Divisi Regional BPJS Sulsel, Dwi Martiningsih membenarkan hal tersebut, pemakaian anggaran paling banyak digunakan oleh kepesertaan BPJS Kesehatan mandiri.

Halaman: